Samarinda,23/10(Antara) - Sebagian logistik untuk Pemilu 2019 mendatang telah didistribusi ke sejumlah Kab/ Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur menurut Sekretaris Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kaltim, Syarifudin Rusli, Selasa.

    
"Ada sebagian logistik seperti halnya bilik suara sudah tiba di Samarinda dan Balikpapan, sejak Minggu kemarin," kata Syarifudin Rusli kepada awak media.

Bilik suara tersebut merupakan pengadaan dari KPU Pusat, dan langsung dikirimkan oleh pemenang lelang kepada masing- masing KPU Kab/ Kota.

"Kami hanya diberikan tembusan saja, sudah ada pengiriman bilik suara ke Samarinda dan Balikpapan, dan bukan kami yang mendistribusikan," katanya.

Menurut Syarifudin, bilik suara tersebut berdasarkan data keperluan juga masih kurang.

"Seperti di Balikpapan baru dikirimkan sebanyak 4 ribu bilik, padahal kebutuhannya sekitar 8 ribu," tegasnya.

Berdasarkan informasi dari sekretariat KPU Pusat proses pengiriman logistik Pemilu 2019 masih berlangsung.

Oleh sebab itu, pihaknya telah memberikan intruksi kepada KPU kab/ Kota untuk segera menyiapkan gudang penyimpanan logistik.

"Kami juga memberikan imbauan kepada KPU kab/ Kota untuk melalukan penyemprotan di gudang demi menghindari tikus dan rayap," jelasnya.

Pihaknya juga telah melaksanakan lelang logistik Pemilu yang menjadi tanggung jawab KPU Provinsi Kaltim, seperti bantalan pencoblosan, paku, tenda dsb.

"Kami targetkan pada awal November 2018, sudah ada pemenang lelang sehingga keperluan Pemilu 2019 sudah bisa dilaksanakan," tegasnya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018