Penajam, (Antaranews Kaltim) - Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah menyiapkan 120 unit komputer untuk menunjang pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.
    

"Kami siapkan 100 komputer utama dan 20 komputer cadangan untuk tes CPNS," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara Surodal Santoso.
    
Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan atau BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara, juga menjamin server Badan Kepegawaian Negara (BKN)  mencukupi untuk pelaksanaan tes CPNS yang dijadwalkan berlangsung selama lima hari.
    
"Tes CPNS menggunakan sistem UNBK layaknya di sekolah, bedanya tes CPNS terkoneksi langsung dangan jaringan BKN," kata Surodal.
    
Menggunakan sistem UNBK seperti yang dilaksanakan sekolah tersebut, menurut dia, untuk menghemat biaya bagi pelamar dalam mengikuti tes CPNS 2018.
    
Sebelumnya BKPP menjadwalkan pelaksanaan tes CPNS digabung bersama di Kota Balikpapan, karena terbatasnya tenaga teknisi program naskah soal CPNS di Regional VII BKN Banjarmasin.
    
Namun untuk menghemat biaya, Surodal memastikan pelaksanaan tes CPNS dilaksanakan di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan menggunakan konsep  UNBK.
    
"Tes CPNS 2018 akan dipusatkan di gedung Islamic Centre Kabupaten Penajam Paser Utara yang berlokasi di Kecamatan Penajam," ujarnya.
    
Tes CPNS 2018 menggunakan sistem Computer assisted test (CAT) yang hasilnya dapat diketahui secara online atau langsung dilihat oleh masing-masing peserta.
    
Sedangkan sistem UNBK tambah, ada jeda waktu untuk mengetahui hasil tes karena membutuhkan proses pencetakan hasil tes dari masing-masing peserta.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018