Balikpapan, (Antaranews Kaltim) – Dalam dua hari, Pertamina membagikan 113 paket konversi energi dari bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) kepada 113 nelayan Balikpapan.


“Hari ini Jumat (11/10) kami serahkan 42 paket untuk nelayan Kampung Baru, Balikpapan Barat. Kemarin Kamis kami serahkan 71 paket kepada nelayan Sepinggan, Batakan, Manggar, Lamaru, dan Teritip,” kata Manajer Humas dan CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha.

Paket konversi energi itu terutama berupa mesin 13 PK, dua tabung elpiji kemasan 3 kg, converter kit, as panjang, dan baling-baling.  

Menurut Yudi, paket yang diserahkan itu bagian dari 4.387 paket untuk nelayan di seluruh Kalimantan. Termasuk di dalamnya 1.000 paket untuk nelayan di Kutai Kartanegara, 143 nelayan Samarinda, dan juga 113 untuk nelayan Bontang.

Dengan paket konversi energi itu, nelayan yang semula menggunakan bahan bakar minyak berupa solar sebagai bahan bakar untuk menjalankan perahu mereka beralih menjadi menggunakan elpiji.

“Pakai elpiji justru lebih murah. Kami bisa hemat Rp50 ribu lebih sekali melaut,” kata Burhanuddin, nelayan dari Sepinggan.

Penghematan itu berupa perhitungan rata-rata sekali melaut pakai solar 20 liter, atau lebih kurang Rp110.000. Bila pakai elpiji 3 kg, 2 tabung sekali jalan, dengan harga eceran Rp22.000 hanya Rp44.000.

“Jadi kami bisa gunakan uang yang buat BBM jadi tabungan atau buat keperluan lain,” katanya.

Menurut Yudi, konversi ini diharapkan bisa mewujudkan keadilan energi bagi nelayan. 

Untuk keadilan itu, pembagian paket konversi hanya untuk nelayan yang kapalnya berukuran bobot mati (gross tonage, GT) sama atau kurang dari 5 ton atau 5 GT. Di sisi lain, Pertamina akan mengadakan satu agen khusus penyalur elpiji untuk nelayan di setiap daerah yang mendapat paket konversi tersebut.

Penggunaan elpiji sebagai bahan bakar penggerak mesin juga lebih bersih dan lebih ramah lingkungan ketimbang penggunaan solar. Elpiji terbakar lebih sempurna dan tidak menghasilkan asap, sehingga juga lebih membuat awet mesin.

Yudi Nugraha menambahkan, program pembagian paket konversi energi penugasan pemerintah, yaitu Kementerian Energi Sumber Daya Mineral kepada Pertamina untuk mendukung upaya menyejahterakan nelayan kecil dan keadilan energi bagi masyarakat Indonesia.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018