Samarinda (Antaranews Kaltim) - Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden RI Joko Widodo/Ma`ruf Amin di Kalimantan Timur menargetkan kemenangan pasangan nomor urut 01 pada Pilpres 2019 dengan perolehan suara 70 persen untuk wilayah setempat.

Sekretaris Tim Abdul Kadir kepada awak media di Samarinda, Senin, mengatakan target tersebut sangat realistis mengingat koalisi pemenangan Jokowi/Ma`ruf Amin merupakan gabungan partai besar dan banyak mendudukkan kader partainya di anggota legislatif dan juga kepala daerah di kabupaten/kota yang ada di Kaltim.

Pada pemilu sebelumnya, Golkar merupakan partai pemenang pemilu di Kaltim, dan peringkat kedua adalah PDIP yang juga menjadi satu koalisi.

"Ditambah lagi, Partai NasDem, PPP, PKB, dan partai lainnya menjadikan kekuatan kami sangatlah besar. Kami akan berjuang bersama untuk mewujudkan target tersebut," kata Abdul Kadir.

Pada Pemilihan Gubernur Kaltim 2018, kata dia, partai koalisi Jokowi/Ma`ruf Amin harus mengakui kekalahan menyusulnya pelantikan Isran Noor/Hadi Mulyadi sebagai Gubernur/Wagub Kaltim yang merupakan lawan politik koalisi Jokowi.

Kendati demikian, menurut Kadir, Pilgub Kaltim tidak bisa dijadikan sebagai ukuran menghadapi Pilpres 2019.

"Calonnya saja beda, tentunya strateginya juga beda, dan perlu diingat pada Pilgub 2018, Partai Golkar dan PDIP masing- masing punya calon yang berbeda," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa koalisi partai pendukung Jokowi/Ma`ruf Amin sangat solid di tataran nasional, dan aplikasinya di daerah juga serupa sehingga memudahkan kinerja tim dalam menjalankan strategi pemenangan hingga lapisan masyarakat awam.

"Kami akan memaksimalkan semua komponen, baik itu berasal dari kader partai maupun para kepala daerah yang menjadi bagian tim pemenangan. Saya yakin bisa meraup suara terbesar pada Pilpres 2019.

Mengacu pada data Pilgub Kaltim 2018, daftar pemilih tetap (DPT) Kaltim ditetapkan sebanyak 2.330.156 pemilih.

Berdasarkan data tersebut, kata Kadir, target minimal suara yang diharapkan sebanyak kurang lebih 1.000.000 suara.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden RI Joko Widodo/Ma`ruf Amin di Kaltim Safaruddin mengatakan bahwa pihaknya tengah merampungkan struktur tim pemenangan di Kaltim dan pihaknya juga akan melaksanakan program kerja. (*)


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018