Tana Paser (Antaranews Kaltim)-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser menyetujui Anggaran Pendapatan  Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) melalui sidang rapat paripurna di Gedung Balling Seleloi, Jum’at (28/9). 

Rapat dipimpin Ketua DPRD Paser Kaharudin beserta unsur pimpinan, dihadiri Wakil Bupati Paser Mardikansyah, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Kepala OPD.

Ketua DPRD Paser Kaharudin mengatakan APBD-P tahun 2018 yaitu sebesar Rp1,9 triliun lebih itu , sebelum disahkan  oleh DPRD terlebih   dahulu  badan anggaran untuk melaporkan hasil kerjanya.

Juru bicara badan anggaran DPRD Paser, M Rafi dalam laporannya, menyampaikan sejumlah catatan dan rekomendasi yang perlu diperhatikan pada kegiatan APBDP yang terisasa beberapa bulan lagi.

"Beberapa catatan yaitu agar Pemkab Paser merasionalisasikan program agar pendapatan dan belanja daerah seimbang, percepatan kegiatan mengingat waktu sudah masuk triwulan keempat,"katanya.

Pada rapat paripurna tersebut DPRD merekomendasikan agar Pemkab Paser mengalokasikan dana untuk KONI yang akan mengirimkan atlet-atlet perwakilan Paser pada Porprov di Kutim awal Desember mendatang. Pembinaan Lembaga adat kesenian tradisonal, ormas agama, tokoh agama, guru taman kanak-kanak dan Pondok pesantren.

Pemkab Paser juga harus mengoptimalkan retribusi untuk pemasukan daerah, perlu adanya perhatian serius terkait infrastruktur jalan ke objek wisata, pemerataan pembangunaj jalan pedesaan, kesejahteraan kelompok tani  untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

Selanjutnya fasilitas air bersih, kesiapsiagaan terhadap bencana, pembangunan pasar Senaken, pembangunan infrastruktur, dan pengawasan ketenagakerjaan.

Sementara itu Wakil Bupati Paser Mardikansyah mengatakan pada APBD-P 2018 itu pihaknya akan memprioritaskan anggaran pada pembayaran proyek dan melakukan  belanja  se efektif mungkin.

"Memfokuskan  pada  pembayaran proyek, merasionalisasi anggaran , peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), sedangkan  untuk alokasi anggaran untuk KONI akan diupayakan," ujarnya. (*/Kominfo Paser)


 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018