Samarinda (Antaranews Kaltim) - Provinsi Kalimantan Timur akan berpartisipasi pada kegiatan olahraga Internasional BIMPNT-EAGA (Brunei, Indonesia, Malaysia and Philippines, Nothern Territory- East Growth Area) Frienship Games ke-10 yang berlangsung di Brunei Darussalam pada 6-9 Desember 2018.

Pelaksana Harian Ketua KONI Kaltim Rusdiansyah Aras kepada awak media di Samarinda, Kamis? mengatakan bahwa Kaltim telah menerima undangan resmi dari Pemerintah Brunei Darussalam untuk ikut berpartisipasi pada perhelatan olahraga tersebut.

"Undangan resmi telah diserahkan oleh utusan Menteri Sukan Brunei Darussalam Datuk Hj Aminuddin kepada Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kaltim Meiliana di Guest House Lamin Etam, Kamis pagi," kata Rusdiansyah.

Ia mengatakan bahwa Provinsi Kaltim punya ikatan emosional terkait dengan penyelenggaraan BIMP-EAGA, karena Kaltim pernah menjadi tuan rumah kegiatan serupa tahun 2016 silam, namun saat itu belum bergabung perwakilan dari Benua Australia.

"Pada event ke-10 ini ada tambahan peserta dari Benua Australia, sehingga ada tambahan Nothern Territory," jelas Rusdiansyah.

Ia mengatakan keterlibatan KONI Kaltim pada event tersebut hanya sebatas menyiapkan atlet semata, dan sumber pendanaannya akan diupayakan melalui pihak ketiga bukan dari sumber APBD.  "Nantinya Pemerintah Provinsi melalui Plt Sekdaprov dan Kadispora akan memberikan disposisi dalam penggalangan dana untuk kegiatan tersebut," tegasnya.

Menurut Rusdiansyah Ketua Kontingen Kaltim pada event tersebut akan dipimpin langsung oleh plt Sekdaprov Kaltim, Meiliana dan Kepaka Dispora Kaltim, Syirajudin menjabat sebagai wakilnya.BIMPNT-EAGA ke-10 di Brunei ini rencananya akan mempertandingkan delapan cabang olahraga di antaranya renang, atletik, karate (khusus kata), boling padang,? pencak silat, sepak takraw, taekwondo dan wushu.

"Biasanya dalam event tersebut juga turut dipertandingkan cabang khusus seperti golf yang diperuntukkan bagi ketua kontingen," tambah Rusdi.(*)



 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018