Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail meminta para pelajar SMA untuk memanfaatkan internet bagi kepentingan pendidikan dan pengembangan diri dalam menghadapi era teknologi informasi saat ini.

Ketika membuka Lomba Blog Pelajar bertema "Wisata Samarinda" yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Kominfo Kota Samarinda, Senin, Nusyirwan Ismail menyatakan dukungannya agar warga Samarinda khususnya para pelajar mampu memanfaatkan internet untuk hal-hal yang bersifat edukasi.

"Era masa depan berbasis teknologi informasi. Yang terpenting adalah menyiapkan sumber daya manusianya agar betul-betul siap menghadapi persaingan teknologi informasi global," katanya di hadapan sekitar 150 pelajar SMA yang menjadi peserta lomba di Halaman Kantor Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Kominfo Kota Samarinda.

Ia mengharapkan ke depan tidak ada lagi siswa SMA yang tidak bisa memanfaatkan teknologi internet, karena sejumlah sekolah khususnya sekolah bertaraf internasional sudah mulai memberi tugas-tugas sekolah melalui "browsing" internet.

Terkait dengan lomba blog bertema wisata Samarinda btersebut, Nusyirwan mengatakan, blog dapat digunakan untuk memasarkan sesuatu khususnya karya-karya yang inovatif.

"Blog itu potensial untuk memasarkan karya-karya inovatif seperti tulisan, kreativitas gambar grafis. Artinya, Blog itu ke depan terkait betul dengan ekonomi kreatif," ujarnya yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Kominfo Kota Samarinda, M Nasaruddin.

Jika dikaitkan dengan pariwisata, katanya, maka dunia akan terasa semakin dekat melalui komunikasi dengan internet dan hal itu akan semakin membuat pariwisata di berbagai tempat makin diminati juga.

Nusyirwan berharap, Samarinda yang memiliki luas 718 km persegi dengan penduduk sebanyak 850 ribu orang, akan memiliki generasi muda yang kreatif dan mampu bersaing di era teknologi informasi global.

Kegiatan Lomba Blog Pelajar tersebut diselenggarakan dalam rangkaian Festival Mahakam yang akan resmi digelar pada 11-15 November 2011. (*)

Pewarta: Arief M

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011