Samarinda (Antaranews Kaltim) - Lembaga Kajian Olahraga Prestasi (Lekop) Kalimantan Timur mengajak pengusaha dan perusahaan di wilayah itu untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Ketua Lekop Kaltim HM Fadli kepada wartawan di Samarinda, Sabtu (21/7), mengatakan bahwa sejumlah atlet dan pelatih dari Provinsi Kalimantan Timur juga ikut ambil bagian masuk dalam timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Berdasarkan data yang pernah diumumkan oleh KONI Kaltim, lanjut Fadli, ada sebanyak 66 atlet dan sejumlah pelatih dari beberapa cabang olahraga yang saat ini tergabung dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Asian Games 2018.

"Beberapa cabang yang tergabung di Asian Games di antaranya taekwondo, anggar, gulat, hoki, bola tangan, sepatu roda, bisbol, layar," kata Fadli.

Selain itu, Kaltim juga menjadi tempat pelatnas cabang olahraga anggar yang dipersiapkan untuk Asian Games.

Oleh sebab itu, ia berharap para pengusaha dan perusahaan di Kaltim, minimal bisa memberikan perhatian kepada punggawa timnas baik atlet maupun pelatih asal Kaltim dengan memberikan bonus atau bentuk apresiasi lainnya, sehingga ada motivasi tambahan para atlet untuk mewujudkan prestasi terbaiknya di pesta olahraga tingkat Asia tersebut. 

"Berdasarkan Perpres no 95 tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional, ada beberapa tanggung jawab terkait prestasi para atlet nasional ini, dan salah satunya adalah peran swasta yakni perusahaan dan para pengusaha untuk ikut peduli terhadap prestasi atlet nasional," tutur Fadli.

Ia mengatakan, selama ini kiprah dan peran swasta untuk mendukung olahraga di daerah memang mulai terlihat pada saat pelaksanaan PON.

Dibuktikan dengan sumbangsih perusahaan dan para pengusaha sebagai bapak angkat cabang olahraga saat persiapan tim Kaltim di beberapa kali "event" nasional tersebut.

"Harapan kami pada even olahraga yang lebih tinggi, dengan level untuk bangsa dan negara sudah selayaknya pengusaha dan perusahaan di Kaltim ikut terlibat, marilah kita sama-sama ikut peduli dan berkontribusi demi suksesnya Asian Games 2018, baik sukses penyelenggaraan, sukses prestasi maupun sukses dalam ekonomi pemberdayaan masyarakat," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018