Samarinda (Antaranews Kaltim) - Rafael Berges Marin resmi melepas jabatannya sebagai pelatih tim Mitra Kukar sebelum kompetisi putaran pertama Liga 1 musim 2018 berakhir.

Keputusan mengejutkan dari pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut dibenarkan oleh manajemen tim berjuluk Naga Mekes tersebut saat dihubungi dari Samarinda, Senin.

Media Officer Mitra Kukar Agri Winata mengatakan bahwa Rafael telah berpamitan dengan semua pemain dan akan segera pulang ke negaranya.

"Pelatih Mitra Kukar Rafael Berges Marin resmi mengundurkan diri. Tadi malam (Minggu, 15/7) sudah pamitan sama pemain dan seluruh anggota tim," kata Agri.

Pengunduran diri Rafael jelas mengejutkan, karena pelatih berkepala plontos asal Spanyol ini baru saja mengantarkan Mitra Kukar meraih hasil positif di laga tandang saat bersua PS Tira, pekan lalu. Saat itu, Naga Mekes berhasil menahan imbang PS Tira dan membawa pulang satu poin ke Tenggarong.

Situasi ini jelas menyulitkan Mitra Kukar, lantaran pengunduran diri Rafael hanya berselang dua hari jelang laga melawan Sriwijaya FC di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (18/6/2018).

Agri Winata mengatakan saat ini manajemen bergerak cepat mencari pelatih kepala pengganti Rafael.

"Untuk pelatih melawan Sriwijaya FC akan diumunkan saat konferensi pers nanti malam," kata Agri.

Rafael menjabat sebagai pelatih kepala Naga Mekes sejak Desember 2017. Ia didatangkan dari Spanyol dengan reputasi melatih klub-klub lokal Negeri Matador, seperti UD Logro's, Real Jan, Cordoba, Pozoblanco, Linares, dan Almeria B.

Mitra Kukar merupakan klub pertama Berges di Asia dan bersama Naga Mekes telah menorehkan 15 laga dengan raihan lima kemenangan, dua seri, dan delapan kekalahan, termasuk dua kekalahan kandang menghadapi Borneo FC dan Barito Putera.

Saat ini, Naga Mekes terpuruk di zona merah peringkat 16 dengan koleksi 17 poin.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018