Samarinda (Antaranews Kaltim) - Sejumlah mantan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang gagal memenangi Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Timur 2018 memilih untuk menjadi calon anggota legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia pada Pemilu 2019.

Mantan cagub nomor urut 1 Andi Sofyan Hasdam, misalnya, telah bergabung dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan telah mendaftar sebagai bakal calon anggota DPR RI untuk daerah pemilihan Kaltim.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Kaltim Fatimah Asyari membenarkan bergabungnya Andi Sofyan Hasdam di partai politik pimpinan Surya Paloh itu.

"Kami telah mendaftarkan Sofyan Hasdam sebagai calon anggota DPR RI yang saat ini masih dalam masa pendaftaran online," tutur Fatimah kepada wartawan di Samarinda, Jumat.

Fatimah meyakini kehadiran pasangan Rizal Effendi pada Pilkada Kaltim tersebut bisa mendongkrak perolehan suara Partai Nasdem pada pemilu 2019.
Andi Sofyan Hasdam (kiri) - Rizal Effendy . (ist)


Selain Andi Sofyan Hasdam, berdasarkan informasi yang didapat, mantan cagub Kaltim Rusmadi Wongso juga sedang melakukan pendekatan dengan PDI Perjuangan untuk maju menjadi calon anggota DPR RI.

Sementara mantan cawagub Safaruddin yang merupakan pasangan Rusmadi pada Pilkada Kaltim dikabarkan tidak maju pada Pemilu 2019.

Sementara, Awang Ferdian Hidayat (mantan cawagub) sudah jauh hari mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI. Bahkan, putra sulung Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak ini telah menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal calon DPD RI saat masih menjadi cawagub berpasangan dengan Syaharie Jaang.

Sedangkan Syaharie Jaang memilih untuk meneruskan jabatannya sebagai Wali Kota Samarinda usai gagal di Pilkada Kaltim 2018. Begitu juga dengan Rizal Effendi yang telah kembali menduduki kursi Wali Kota Balikpapan.

Diketahui, sesuai dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU Kaltim pada Minggu (8/7), pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi menempati posisi pertama peraih suara terbanyak dalam Pilkada Kaltim, disusul pasangan Rusmadi-Safaruddin, Jaang-Ferdi, dan terakhir pasangan Hasdam-Rizal. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018