Samarinda (Antaranews Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur memberikan pelatihan dan bimbingan teknis untuk kader partai politik terkait dengan sistem informasi pencalonan (silon) Pemilu 2019.

Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi Kaltim Rudiansyah di Samarinda, Senin, mengatakan bimbingan teknis ini bertujuan agar operator masing-masing parpol dapat memahami aplikasi silon yang digunakan KPU dalam proses pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD RI dan DPRD provinsi pada Pemilu 2019.

Ia mengatakan, dalam bimbingan teknis (bimtek) yang telah dilaksanakan pada 9-11 Juni 2018 di Hotel Harris Samarinda itu pihaknya mengundang para operator silon dari seluruh perwakilan parpol peserta Pemilu 2019.

Ini penting bagi KPU dan seluruh parpol peserta Pemilu 2019, karena pada saatnya nanti diharapkan silon yang digunakan untuk pendaftaran dan verifikasi tidak menemui masalah lagi.

"Silon ini nantinya akan menjadi alat bantu bagi KPU Provinsi Kaltim dalam pemberkasan, sedangkan bagi parpol penting dalam menyiapkan proses pemberkasan yang tertib, rapi dan sesuai aturan," katanya.

Rudiansyah mengatakan KPU provinsi akan membuat "username" dan "password" kepada seluruh operator partai politik yang ikut Pemilu 2019. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018