Samarinda (Antaranews Kaltim) - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, memasuki hari ke-9 Ramadhan tahun ini masih cenderung stabil, kendati ada kenaikan permintaan dari masyarakat.

Data yang dihimpun dari sejumlah pedagang di Pasar Segiri Samarinda, Rabu, mencatat hingga kini tidak ada kenaikan harga yang drastis, karena hampir harga sebagian besar bahan pokok masih sama seperti sebelum Ramadhan.

Harga ayam potong masih berkisar Rp40.000 hingga Rp45.000 per ekornya, daging sapi dijual Rp120.000 per kilogram, bawang merah Rp30.000, dan bawang putih Rp20.000 per kilogram.

Rahmad, seorang pedagang daging, mengatakan, kenaikan harga daging biasanya baru terjadi beberapa hari sebelum Lebaran.

"Naiknya juga tidak terlalu tinggi, biasanya naik sekitar Rp5.000-Rp10.000 per kilogram," ujarnya.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Kota Samarinda Maria Wati ketika dihubungi terpisah memastikan bahwa pemkot bersama instansi terkait terus pantauan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar guna mengantisipasi terjadinya kekosongan barang.

"Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan peninjauan langsung ke sejumlah pasar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Samarinda Samsul Bahri menambahkan, stok ikan air tawar dan ikan laut hingga kini masih aman, sehingga tidak sampai ada lonjakan harga.

"Kondisi ini berbeda dengan ramadhan tahun-tahun sebelumnya, khususnya ikan air tawar yang saat itu harganya meningkat tajam," katanya.

Saat ini, tambah Samsul, ada sekitar 70 pembudidaya ikan air tawar di Kota Samarinda yang produksinya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.(*)

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018