Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pemain gelandang tim Persisam Putra Samarinda, Fandy Mochtar, mendapat panggilan mengikuti persiapan timnas Indonesia jelang pertandingan putaran III Pra Piala Dunia 2014 melawan Iran, yang persiapannya dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah.

Manager Persisam Putra Agus Coeng Setiawan dihubungi dari Samarinda, Minggu menyebutkan, Fandy dan dua pemain Persisam lainnya yakni Christian Gonzales serta M Robby akan bertahan di Solo untuk bergabung dengan timnas PPD yang akan memulai latihan 1 November 2011.

"Surat resmi pemanggilan sudah kami terima, dan memang selain El Loco dan M Robby yang lebih dulu masuk di timnas PPD, PSSI juga meminta Fandy Mochtar ikut bergabung latihan di Solo," ujar Agus Coeng.

Oleh karena itu, lanjut Agus Coeng usai menjalani laga turnamen SCTV CUP di Solo yang berakhir pada 30 Oktober 2011, tiga pemain yakni M Robby, Gonzales dan Fandy Mochtar diminta untuk bertahan di Solo, sementara skuad pemain persisam lainnya segera balik ke Yogjakarta meneruskan pemusatan latihan sebelum balik kandang ke Samarinda.

"Saya sudah beritahu ketiganya termasuk Fandy untuk bertahan di sini(Solo) karena timnas akan menjalani latihan di Solo mulai 1 Nopember 2011 ini," papar Agus Coeng.

Kiprah Fandy Mochtar di timnas Indonesia memang bukan hal baru, karena sebelumnya pemain kelahiran Ternate 18 Mei 1984 ini, sudah pernah berseragam "garuda di dada", pada 2006-2007 di timnas U-23 dan timnas senior pada 2007 lalu.

"Awalnya saya kira hanya gurauan saja saya mendapat panggilan timnas lagi, tapi ketika manager memberitahu saya baru saya percaya," terang Fandy Mochta dihubungi dari Samarinda, Minggu.

Pemain yang sudah tiga tahun bergabung dengan Persisam Putra Samarinda itu, mengaku bangga bisa bergabung dengan pasukan Wim Rijsbergen, meski saat ini perjuangan tim merah putih mengalami fase yang cukup berat untuk bisa lolos di babak kualifikasi PPD 2014.

"Tentu saya bangga bisa terpilih lagi di timnas, saya akan berusaha semaksimal mungkin, minimal saya bisa masuk tim inti dulu, dan berusaha memberikan yang terbaik untuk timnas jika diberikan kesempatan tampil," papar Fandy Mochtar.

Fandy Mochtar memang termasuk pemain penuh talenta, dan serba bisa menempati berbagai posisi seperti bek kanan, maupun pemain sayap, bahkan ketika bergabung bersama Persisam, Pelatih Persisam, Hendri Susilo pernah menurunkannya di posisi penyerang.

Kontribusi empat golnya bersama tim berjuluk "Pesut Mahakam" itu cukup membuktikan Fandy Mochtar, bisa dipercaya mengisi posisi sebagai penyerang.

Biodata Fandy Mochtar Lahir,19 May 1984 di Ternate, Indonesia

Tinggi1,78m, posisi gelandang serang Karir Klub 2003-2004 Persiter Ternate,2005 Persibom Bolaang Mongondow,2006-2008Persiter Ternate,2008 ? 2009Arema Malang,2009-2011.

Karir Nasional,2006-2007 Indonesia U-23,2007 tim Indonesia. (*)


Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011