Penajam (Antaranews Kaltim) -  Jalan tanah di wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam, dipastikan segera dibangun, kata Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar.

"Pembangunan jalan Pantai Lango dan Riko itu sebagai jalan pendekat ke jembatan Pulau Balang," kata Yusran Aspar saat melakukan kunjungan kerja meninjau proyek pembangunan Jembatan Pulau Balang, Rabu.

Bupati menegaskan, jalan Pantai Lango-Riko tersebut menjadi skala prioritas program pembangunan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara 2018.

Pembangunan jalan Pantai Lango-Riko itu ditargetkan rampung sebelum masa jabatan Yusran Aspar sebagai Bupati Penajam Paser Utara berakhir.

Jalan tanah di wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Riko selama ini sering dikeluhkan masyarakat sebab sulit untuk dilalui.

Proyek pembangunan jalan di wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam, tersebut dipastikan Yusran Aspar, telah memasuki tahap lelang.

"Saya targetkan sebelum masa jabatan saya sebagai bupati berakhir pada Juli 2018, jalan pendekat ke jembatan Pulau Balang itu sudah bisa digunakan masyarakat," ujarnya.

Rencananya panjang jalan yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu mencapai 24 kilometer dengan lebar 16 meter.

Pembangunan akses jalan pendekat menuju jembatan Pulau Balang tersebut untuk menunjang pembangunan bentang panjang jembatan yang saat ini hanya menyisakan 50 persen dari target.

Bentang panjang jembatan Pulau Balang sepanjang 804 meter tersebut lanjut Yusran Aspar, ditergetkan rampung November 2019.

Anggaran pembangunan akses jalan pendekat menuju jembatan Pulau Balang itu bersumber dari dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur sekitar Rp150 miliar.

Dengan dibangunnya akses jalan pendekat menuju jembatan Pulau Balang tersebut tambah Yusran Aspar, maka pembangunan jalan kabupaten sudah cukup maksimal.

Jalan masyarakat yang dibuka oleh Unit Pelaksana Tugas Pekerjaan umum atau UPT-PU kecamatan sejak 2013 mencapai 314 kilometer, meliputi Kecamatan Penajam 88 Kilometer, 63 kilometer di Kecamatan Waru, Kecamatan Babulu 68 kilometer, serta 93 kilometer di Kecamatan Sepaku.(*)

Baca juga: Bupati Penajam tinjau sejumlah proyek wilayah KIB

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018