Tana Paser (Antaranews Kaltim) - Bayi kembar siam dempet dada lahir di Rumah Sakit Umum Daerah Panglima Sebaya Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Rabu sekitar pukul 10.00 Wita.

Tim medis RSUD Panglima Sebaya dr Ahmad Fauzi ketika dihubungi di Tanah Grogot, Paser, menjelaskan, bayi tersebut saat dilahirkan dalam kondisi fisik yang lemah dan mengalami kekurangan pernafasan.

"Kondisi bayi saat lahir lemah dan kurang pernafasan. Bayi kembar siam itu lahir melalui operasi cesar, karena posisinya sulit dikeluarkan secara normal," katanya.

Bayi kembar berjenis kelamin perempuan itu merupakan anak keempat dan kelima dari pasangan Busrani (54) dan Sumiati (35), warga Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Paser.

Menurut Fauzi, sejak dilahirkan bayi kembar siam itu belum menangis dan kondisinya masih lemah. Tim medis menempati bayi kembar itu dalam ruang khusus dengan pengawasan intensif.

"Kondisi kesehatannya saat ini masih lemah," tambahnya.

Fauzi menambahkan, bayi kembar siam itu secepatnya dirujuk ke rumah sakit di Balikpapan yang memiliki fasilitas lebih lengkap untuk menangani kasus seperti ini, termasuk kemungkinan operasi pemisahan organ tubuh bayi yang dempet.

Sementara itu, Busrani, ayah dari bayi kembar siam itu, mengaku senang atas kelahiran putrinya, tetapi sekaligus cemas dengan kondisinya. "Saya senang dapat bayi kembar, semoga cepat ditangani dan keduanya selamat," ujarnya. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018