Samarinda (Antaranews Kaltim) - Sebanyak tiga dari empat pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Timur menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, Kamis.

Ketiga pasangan calon yang ikut pemeriksaan kesehatan masing-masing Isran Noor-Hadi Mulyadi, Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan Ismail dan Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat.

Sementara satu pasangan lainnya yakni Rusmadi Wongso-Safaruddin dijadwalkan baru menjalani pemeriksaan pada Jumat (12/1), karena ada agenda institusi yang tidak bisa ditinggalkan.

"Pak Safaruddin telah meminta ijin tidak bisa menjalani kesehatan hari ini, karena bertepatan dengan acara serah terima jabatan di Mabes Polri," jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kaltim Muhammad Taufik.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu tahapan yang wajib diikuti bakal calon peserta pilkada yang telah mendaftar, karena masuk persyaratan untuk penetapan calon.

Menurut informasi, Inspektur Jenderal Polisi Safaruddin melakukan serah terima jabatan Kepala Kepolisian Daerah Kaltim kepada penggantinya Brigadir Jenderal Polisi Priyo Widyanto di Mabes Polri.

baca: Empat Pasangan Bacagub-Bacawagub Daftar Pilkada Kaltim

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kaltim dr Nataniel Tandirogang?selaku ketua tim dokter yang ditunjuk KPU untuk memimpin pemeriksaan kesehatan pasangan calon, mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan akan berlangsung selama dua hari pada 11-12 Januari 2018, meliputi pemeriksaan jasmani dan rohani.

"Pada hari ini dilakukan pemeriksaan jasmani dan ada 12 item yang kita periksa, kemudian dilanjutkan pemeriksaan oleh BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Kaltim," jelasnya.

Untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan ini, IDI Kaltim bekerja sama dengan RSUD AW Sjahranie menyiapkan sebanyak 35 dokter spesialis berbagai bidang.

Sementara itu, Direktur RSUD AW Sjahranie Dr Rachim Dinata Marsidi SpB menambahkan, untuk pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon peserta pilkada, lembaganya hanya menyediakan tempat dan peralatan, sementara teknis pelaksanaannya oleh IDI Kaltim.

"Pemeriksaan kesehatan diperkirakan berlangsung sekitar enam hingga delapan jam, karena menyangkut banyak aspek," ujarnya.

Hingga batas akhir pendaftaran pilkada pada Rabu (10/1) malam, ada empat pasangan bacagub-bacawagub yang mendaftar sebagai peserta, masing-masing Isran Noor-Hadi Mulyadi yang diusung koalisi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan Ismail (Partai Golkar dan Partai Nasdem), Rusmadi Wongso-Safaruddin (PDI Perjuangan dan Partai Hanura), dan terakhir Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat (Partai Demokrat, PPP dan PKB).

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018