Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan mengakreditasi 10 puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) di Balikpapan pada 2018 mendatang.

Akreditasi atau penilaian puskesmas sebagai fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I ini meliputi administrasi dan manajemen, standar operasi pelayanan, pelayanan medik, konsultasi kesehatan ibu, anak, dan Keluarga Berencana (KB), unit gizi, pencegahan dan pemberantasn penyakit, serta program kesehatan lingkungan dan kampanye kesehatan masyarakat. Akreditasi menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus.

Kepala DKK dr Balerina, Selasa, menjelaskan, hal-hal yang diberi penilaian itu dirangkum dalam 3 hal, yaitu administrasi, pelayanan, dan kemasyarakatan.

"Administrasi itu antara lain hal pencatatan dan pembukuan, pelayanan harus sesuai SOP, program kemasyarakatan seperti posyandu (pos pelayanan terpadu) dan keluarga sehat," paparnya.

Menurut Balerina, program akreditasi ini adalah program lanjutan. Pada 2017 ini sudah diakreditasi 7 puskesmas, yaitu Puskesmas Telaga Sari, Gunung Sari Ulu, Gunung Sari Ilir, Karang Rejo, Margo Mulyo, Sidomulyo, dan Muara Rapak.

Sampai saat ini seluruhnya sudah 15 puskesmas yang terakreditasi dari 27 puskesmas di Balikpapan. Selain yang sudah tersebut di atas, ada Puskesmas Lamaru, Teritip, Manggar, Klandasan, Sepinggan, Mekar Sari, Baru Ulu, Baru Ilir, Gunung Samarinda, Karang Rejo, dan Prapatan.

"Semuanya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat," kata Balerina.

Puskesmas memang ditempatkan langsung di tengah permukiman warga. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan mudah, murah, dan cepat. Termasuk pencegahan penyakit dan keluarga berencana melalui berbagai kampanye kesehatan.

Pada puskesmas yang sudah terakreditasi, ada yang memberikan layanan rawat inap dan gawat darurat. Puskesmas yang berada di tepi jalan besar seperti namun cukup jauh dari pusat kota dan rumah-rumah sakit seperti Puskesmas Manggar juga memberi layanan persalinan. Karena itu ada bidan dan dokter jaga 24 jam.

"Seperti anak kami dulu lahir di Puskesmas Manggar, kelahiran normal. Begitu datang langsung dilayani. Alhamdulillah dimudahkan," kata Indra, warga Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur. Rumah Indra tak sampai 500 meter dari Puskesmas Manggar. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017