Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menyiapkan 127 petak di Kompleks Gedung Olahraga Segiri untuk merelokasi para pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di kawasan Citra Niaga.

"Petak yang kami siapkan terletak di depan Kolam Renang Kompleks GOR Segiri Samarinda," kata Tim Sosialisasi Relokasi PKL di Niaga Selatan, Citra Niaga, H Marnabas Patiroy di Samarinda, Sabtu.

Marnabas yang juga Camat Samarinda Kota ini mengatakan, penempatan lapak di GOR Segiri Samarinda sebenarnya telah dipikirkan jauh-jauh hari sebelumnya, namun baru saat ini terealisasi.

Setelah melalui kajian, akhirnya disepakati relokasi PKL di Citra Niaga diarahkan ke GOR Segiri karena letak GOR Segiri berada di tengah kota sehingga bisa dijadikan sebagai pusat bisnis bagi para pedagang.

Saat ini pihaknya juga memilah-milah penataan petak berdasarkan jenis dagangan yang dijual oleh para PKL agar jenis barang yang dijual tidak bercampur sehingga memudahkan calon pembeli saat mencari barang yang diinginkan.

Seperti untuk barang-barang elektronik dan telepon genggam ditawarkan lokasi persis di depan kolam renang, sedangkan untuk kuliner disiapkan di depan lapangan sofbal.

Dia menambahkan, banyak keuntungan yang akan didapatkan para pedagang apabila berjualan di GOR Segiri, selain ukuran petak cukup luas dari ukuran sebelumnya, di lokasi itu juga akan disiapkan sejumlah fasilitas pendukung.

Fasilitas itu di antaranya toilet, tempat ibadah, pos jaga, dan juga akses masuk menuju kompleks GOR Segiri yang bisa dilakukaan melalui jalan Agus Salim dan Kesuma Bangsa.

Menurut dia, konsep yang ditawarkan itu merupakan konsep terbaik bagi para PKL dan Pemkot Samarinda karena selain ditinjau dari segi kerapian dan keindahan kota, juga akan menguntungkan PKL karena lokasinya di tengah kota dan banyak kegiatan di GOR tersebut.

Jika melihat letak lapak yang dibangun, pendirian lapak di GOR Segiri merupakan langkah tepat, mengingat kondisi ruas jalan yang luas sehingga bisa menampung kendaraan para pembeli.

Untuk parkir kendaraan roda dua dan roda empat tidak perlu dikwatirkan, luas jalan yang mencapai 10 meter cukup untuk  parkir para konsumen yang ingin berbelanja. (*)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011