Penajam (ANTARA Kaltim) - Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyambut kedatangan 120 jamaah haji yang telah selesai menunaikan ibadah haji.

Rombongan haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) sembilan di sambut Wabup Mustaqim di Masjid Agung Al-Ikhlas pada Rabu (20/9) sore.

Mustaqim mengapresiasi para jamaah haji yang telah melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan tertib dan baik.

“Saya juga berpesan kepada para jamaah haji untuk mengamalkan pengalaman beribadah di kota Mekkah dalam kehidupan sehari-hari.

Acara penyambutan kepulangan jamaah haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut diwarnai suasana haru dengan kedatangan ratusan keluarga jemaah haji.

Kepala Seksi Urais dan Penyelenggaraan haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara Muzakir saat dihubungi terpisah menyatakan, total jamaah haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara 129 orang.

"Tapi dua orang calon haji sebelum keberangkatan dimutasi ke Kota Balikpapan, karena orang tua mereka berada di Balikpapan," jelasnya.

Sementara, menurut Muzakir, haji tertua asal Kabupaten Penajam Paser Utara adalah Rifadah usia 86 tahun warga kilometer 2 Kelurahan Penajam. Sedangkan haji termuda asal Kabupaten Penajam Paser Utara adalah Anita Nur Rahmah berusia 25 tahun warga RT 06, Kelurahan Petung.

Anita Nur Rahmah terpisah menuturkan, untuk bisa menunaikan ibadah haji 2017, dirinya mendaftar haji semenjak duduk dibangku kelas 3 SMP, kurang lebih 10 tahun mengumpulkan uang untuk biaya haji.

“Selama 10 tahun uang jajan saya kumpulkan dan ibu saya juga menyisihkan uang dari berjualan es, dan akhirnya pada 2017 saya dan ibu dapat berangkat haji bersama," tambahnya. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017