Balikpapan (ANTARA News - Kaltim) -  Tak kurang dari 750 anak usia 10-16 tahun se-Balikpapan dan sekitarnya dijadwalkan  akan mengikuti seleksi "Indonesia All Star Team Challenge" yang digelar AC Milan Junior Camp, Sabtu-Minggu di "Kota Minyak" Balikpapan.

"Program ini memang untuk mencari 60 pemain muda berbakat dari 10 kota besar  Indonesia untuk membentuk Indonesia All Star Team. Ke-60 pemain ini akan mengikuti Milan Junior Camp di Bali selama 2 minggu," jelas Indria Djamil dari Asia Sports Development (ASD), di Dapeen Cafe, Bandar Balikpapan, Jumat.

Seleksi tersebut dijadwalkan akan berlangsung pukul 07.00 WIB di Lapangan Sudirman, Jalan Tanjung Pura, Balikpapan pada dua hari pekan terakhir ini, yakni Sabtu dan Minggu.

Dari seleksi ini, hanya enam  pemain yang akan lulus dan mendapat beasiswa penuh mengikuti AC Milan Junior Camp di Bali, 17 Juni-17 Juli 2011.
 
"Para pemain akan dikelompokkan sesuai umurnya kepada kelompok U-12, U-14, dan U-16," katanya.
  
Selain Balikpapan, pada saat yang sama juga digelar seleksi di Makassar, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Palembang, Pekanbaru, Medan, dan Bali.
 
Asia Sports Development adalah pemegang lisensi eksklusif AC Milan Junior Camp di Indonesia.

Di Lapangan Sudirman dijawalkan para pemain muda akan mengikuti ujian teknik (skill) dan fisik. ASD menyerahkan uji teknik dan fisik ini kepada tim dari Fakultas Olahraga  Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
 
"Uji teknik misalnya menimang bola (juggling), uji fisik misalnya sprint sekian puluh meter, berhenti, lalu sprint lagi," imbuh Dwi Hadi Purnama dari UNJ.
 
Ke-60 pemain yang mengikuti Camp di Bali diseleksi lagi hingga terpilih 18 pemain Indonesia All Star untuk mengikuti Milan Junior Camp Day di Milan, Italia. Termasuk dalam Camp di Italia adalah bertanding di turnamen Intesa San Paolo melawan tim-tim All Star dari AC Milan Camp dari negara-negara lain.
   
Program Camp ini juga dilaksanakan di 30 negara lain di dunia.  Tahun lalu, tim Indonesian All Star 2010 menjadi juara turnamen Intesa San Paolo. Indonesia mengalahkan Italia di final 1-0.
  
Tahun ini, program AC Milan Junior Camp untuk membentuk Indonesian All Star Team disponsori oleh Pertamina. Menurut Iriawan Yulianto, manager Unit Pengolahan V Pertamina Balikpapan, menjadi sponsor seleksi dan camp ini adalah satu ungkapan terima kasih Pertamina kepada masyarakat Indonesia.

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011