Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Korem 091/Aji Surya Natakesuma Samarinda, Kalimantan Timur, akan menggelar doa bersama melibatkan lintas agama dan sejumlah elemen masyarakat dengan jumlah peserta lebih dari 1.000 orang guna memperingati HUT RI.

"Doa bersama ini dirangkai dalam Aksi 171717 karena akan digelar pada Kamis, tanggal 17 Agustus 2017, pukul 17.00 Wita," ujar Kepala Pembinaan Mental (Kabintal) Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kapten Inf Samsul Fikry di Samarinda, Rabu.

Kegiatan ini selain akan dilaksanakan di Korem 091/AS juga secara serentak digelar di beberapa tempat ibadah baik di masjid, di gereja, di pura, dan lainnya.

Doa Bersama 171717 akan dilakukan sekitar satu jam, yakni dimulai pukul 17.00 sampai 18.00 Wita. Untuk Umat Islam difokuskan di Masjid Markas Korem 091/ASN, sedangkan untuk agama lain terpusat di masing-masing tempat ibadah mereka.

Umat Nasrani dilakukan di Gereja GPIB Immanuel Jalan Sudirman Samarinda, Umat Hindu di Pura Jagat Hita Kirana Jalan Sentosa Samarinda, dan Umat Budha di Buddihist Center Jalan DI Panjaitan Samarinda, turut pula berpartisipasi Umat Konghucu Samarinda.

Aksi ini dilaksanakan oleh TNI demi untuk keutuhan Bangsa Indonesia dengan tema "Indonesia Lebih Kasih Sayang", yakni untuk tujuan menjadikan Indonesia lebih teduh dan aman.

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke- 72 tahun ini, katana, Korem 091/ASN bersama seluruh lapisan masyarakat melakukan ikhtiar dengan menggelar doa bersama. Ini semua untuk persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI.

"Kegiatan menggelar doa bersama ini sesuai dengan arahan Panglima TNI untuk menjaga kerekatan bangsa, tidak hanya secara fisik, tapi juga dilaksanakan secara rohani demi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan," ujarnya.

Ia melanjutkan, Indonesia merupakan negara berdasarkan Pancasila, terutama pada sila pertama yang menganut keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga sudah sepantasnya dalam membangun negara ini dilakukan dengan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan yang tinggi.

Karena itu, di HUT RI ke- 72 ini pihaknya mengajak masyarakat bersama-sama berdoa untuk para pahlawan serta untuk keamanan dan ketentraman negara, sehingga selalu mendapat keselamatan.

"Selain itu kegiatan ini juga sebagai momentum untuk bersilaturahmi dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Doa bersama ini tidak hanya untuk satu umat, tetapi untuk semua umat dan agama yang dianut masing-masing," katanya.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017