Tana Paser (ANTARA Kaltim) – Rumah Tahanan Tanah Grogot Kabupaten Paser pada tahun 2017 mendapat formasi atau jatah penambahan calon pegawai negeri sipil  dari  Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia sebanyak 33 orang.

Kepala Rutan Tanah Grogot Husni Thamrin, Rabu, mengatakan pendaftaran CPNS dibuka secara online mulai  1 sampai 26 Agustus 2017. Pendaftar akan mendapatkan nomor register untuk kemudian melanjutkan tahap pengumpulan berkas.

"Pada tanggal 30 Agustus berkas persyaratan di serahkan ke Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Kaltim," kata Husni.

Ia mengatakan  sebanyak 33 formasi itu diantaranya untuk memenuhi kebutuhan  yakni 30 staf penjaga laki-laki, 2 staf penjaga perempuan dan 1 perawat.

Menurutnya untuk formasi CPNS  yang ditempatkan sebagai penjaga rutan adalah  lulusan SLTA  atau sederajat,sedangkan  untuk  perawat  adalah  lulusan Sarjana (S1).  Diharapkan minat masyarakat cukup tinggi  dan kesempatan menjadi PNS  tidak disia siakan.

Selain itu juga diharapkan  warga asli  Kabupaten Paser yang mendaftar dapat diterima, supaya apabila  sudah menjadi PNS tentu tidak akan minta pindah.

Lanjut Husni pihaknya juga  sudah memasang spanduk pengumuman di sejumlah tempat di antaranya di depan Rutan, pintu masuk kota, dan jalur dua  jalan Jenderal Sudirman. Tujuannya agar masyarakat Paser mengetahui bahwa ada penerimaan CPNS di lingkup Rutan Paser.

Husni menjelaskan saat ini jumlah petugas Rutan di Kabupaten Paser tidak sebanding dengan jumlah tahanan yang ada.

"Jumlah pegawai Rutan saat ini ada 34 orang, itu tidak sebanding dengan jumlah tahanan yang ada saat ini hampir mencapai 400 orang," ujar Husni.

"Dengan  adanya penambahan PNS nanti dapat membantu dan  menutupi kekurangan petugas,  baik petugas jaga, penjaga blok, petugas pintu utama dan penjaga pos" pungkas Husni.(*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017