Tana Paser (ANTARA Kaltim) – Sebanyak 32 orang anggota  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  Kabupaten Paser memasuki pelatihan selama dua pekan sejak 31 Juli 2017 yang akan tampil pada upacara  peringatan HUT  RI yang ke 72.

"Semua anggota Paskibraka merupakan siswa-siswi pilihan dari sejumlah sekolah di Kabupaten Paser, oleh karena itu jangan sia-siakan kepercayaan yang telah diberikan," kata  Wakil Bupati Paser, Mardikansyah saat  memberikan sambutan pada pembukaan palatihan, Senin (31/7).

Ia mengatakan, sebanyak 32 orang anggota Paskibraka yang dilatih tingkat Kabupaten Paser sebelumnya lolos seleksi,  sehingga terpilih mewakili masing- masing kecamatan dan bergabung pada pelatihan tingkat Kabupaten. Kemudian nantinya kembali diseleksi untuk mewakili Kabupaten Paser ke tingkat Provinsi.

Lanjut Mardikansyah berlatih serius dan disiplin   merupakan kunci keberhasilan dan kesuksesan serta menjadi kebanggaan diri, sekolah  dan nama daerah  tampil pada  upacara pengibaran bendera  peringatan  HUT RI  ke 72.

"Keluarkan semua kemampuan kalian miliki, patuhilah seluruh arahan yang diberikan oleh instruktur atau pelatih karena itu akan membentuk karakter kalian secara otomatis,"katanya.

Menurut Mardikansyah pelatihan ini sangat berarti bagi pembentukan karakter, watak dan kedisiplinan dan kemampuan peserta  untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka secara baik dan menjadi kebanggaan keluarga, sekolah, daerah asal.

Sementara itu Kepala Bidang Pemuda ,  Dinas Pemuda Olahraga dan  Pariwisata (Disporapar) Paser Wagimin mengatakan pelatihan dipusatkan di rumah Dinas Jabatan Wakil Bupati,   dengan melibatkan unsure  pelatih dari TNI, Polri dan Purna Paskibra.

"Pelatihan  diikuti sebanyak 32 orang dari  beberapa sekolah SMA /sederajat berasal dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Paser.  Pembukaan pelatihan dimulai 31 Juli hingga dua minggu  kedepan,"katanya.

Adapun pembukaan pelatihan Paskibra oleh Wakil Bupati  Mardikansyah dihadiri Dandim 0904 Tanah Grogot, Letkol Arh Ardian Patria Chandra dan sejumlah pejabat pemerintah daerah serta  masing-masing kepala sekolah. (*)


Pewarta: R Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017