Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Iskandar meminta pemerintah daerah setempat dapat menggali potensi wisata pantai untuk menjadi tujuan wisata di daerah itu.

"Dinas Pariwisata paling tidak menentukan satu lokasi dulu untuk menjadi tujuan wisata, seperti potensi pantai," katanya.

Menurut Iskandar, dari sekian banyak potensi wisata yang ada, belum secara signifikan mampu menarik minat wisatawan baik lokal maupun asing

"Tempat wisata pantai di Paser cukup banyak, paling tidak satu lokasi bisa dikelola dengan serius," katanya.

Ia mencontohkan pantai di Desa Pasir Mayang, Kecamatan Kuaro, yang bisa dijadikan tempat wisata di daerah itu.

"Pantai di Pasir Mayang cukup baik, meski panjang pantainya tidak lebih dari satu kilometer. Namun, bila didesain dan dikelola dengan baik bisa menarik wisatawan datang," kata Iskandar.

Apalagi masyarakat pesisir memiliki perayaan khas dan perlombaan yang menurut Iskandar dapat menarik wisatawan lokal dan asing untuk datang.

"Tarian daerah, lomba-lomba dan perayaan masyarakat pesisir ada di sana," kata Iskandar.

Iskandar mencontohkan perayaan yang sering dilakukan  masyarakat pesisir adalah perayaan Mapandre Tasi, perayaan memberi makan laut atau pantai, dinilai juga dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke daerah itu.

"Kalau dalam bahasanya orang bajau, orang pesisir, disebut Makan Laut, memberi makan kepada laut. Acara itu, bisa membuat orang ingin tahu dan datang. Masyarakat pesisir juga sering melakukan lomba kapal atau balapan kapal. Itu juga bisa mengundang wisatawan," pungkas Iskandar. (*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017