Samarinda (ANTARA Kaltim) -

Posko Lebaran yang tersebar di kabupaten/kota hingga masing-masing otoritas transportasi di Provinsi Kalimantan Timur sudah beroperasi memantau aktivitas arus mudik dan memberikan pelayanan bagi pemudik.

"Posko Lebaran selain dibentuk Dinas Perhubungan baik provinsi maupun kabupaten/kota, juga digelar oleh masing-masing otoritas baik bandara, pelabuhan, maupun terminal yang semua posko melibatkan pihak terkait," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim Salman Lomoindong di Samarinda, Selasa.

Didampingi Kepala Bidang Perhubungan Darat Mahmud Samsul Hadi, ia melanjutkan, di Kota Balikpapan sudah beroperasi di Terminal Batu Ampar, di Samarinda ada di Terminal Sungai Kunjang dan Terminal Lempake, begitu pula dengan posko di terminal di kabupaten/kota lainnya.

Sedangkan untuk posko yang berlokasi di pelabuhan, antara lain di Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Kariangau di Kota Balikapan, Pelabuhan Samarinda, Pelabuhan Bontang, dan pelabuhan-pelabuhan lainnya.

Menurutnya, semua posko tersebut bekerja sama dengan lintas sektor agar pelayanan maupun penindakannya efektif sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing lembaga.

Anggota dalam Posko Lebaran antara lain Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja, TNI, Polri, Orari, dan masing-masing otoritas sesuai dengan lokasi posko tersebut.

Salah satu posko yang telah beroperasi adalah Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Posko ini dibuka oleh PT Angkasa Pura I ( Persero), selaku pengelola bandara tersebut.

Di posko ini melibatkan banyak pihak seperti Otoritas Bandara, Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, BMKG, Badan SAR Nasional, dan Orari.

Posko di bandara ini berlangsung selama 25 hari, yakni mulai beroperasi dari H-10 atau tanggal 15 Juni 2017 sampai dengan H+15 atau tanggal 11 Juli 2017.

Posko Terpadu Lebaran 2017 di Bandara SAMS Sepinggan berada di dua titik, yakni di Lobby Terminal Keberangkatan, kemudian di Terminal Kedatangan. Posko terpadu ini juga menyediakan informasi terkait penerbangan dan kedatangan bagi media maupun pengguna jasa.

"Selain posko-posko di masing-masing otoritas tersebut, ada pula Posko Lebaran di Dinas Perhubungan masing-masing kabupaten/kota. Tujuan posko di tiap daerah adalah untuk mempermudah koordinasi pelaporan ke provinsi, sedangkan dari provinsi segera bisa melaporkan ke pusat," ujarnya. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017