Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pecatur Kaltim Chelsie Monica berhasil meraih tiket atlet pelatnas setelah menempati peringkat pertama pada kejuaraan nasional JAPFA Chess Festival di Jakarta, Senin (22/5).

Menurut Kepala Binpres Percasi Kaltim, Master Nasional Yangdi Said di Samarinda, Selasa, Chelsie berhasil menduduki peringkat pertama dengan poin 6,5 kategori senior putri.

"Kami cukup puas dengan penampilan Chelsie di JAPFA festival, ini bisa menjadi moment kebangkitannya usai gagal meraih emas di PON 2016, Jawa Barat," katanya.

Menurut Yangdi, kejuaraan tersebut juga menjadi ajang pemanasan Chelsie sebelum bertarung di Praporprov 2017.

Ia menegaskan bahwa natinya Chelsie akan mewakili Pengcab Balikpapan di Porprov V tahun 2018 di Kutai Timur.

"Ini ajang pemanasan mewakili Balikpapan di Praporprov yang pelaksanaannya di Berau, 4-8 Juli. Artinya hasil di JAPFA kemarin bisa mengembalikan mental tandingnya usai gagal di PON," teganya.

Selain Chelsie, pecatur Kaltim lainnya Hamdani Rudin juga tampil di kejuaraan tersebut.

Namun, Yangdi mengatakan Hamdani tidak masuk dalam zona medali dan hanya menduduki peringkat 20 besar kategori senior putra.

Ketua Pengprov Percasi Andi Harun berharap pencapaian Chelsie di JAPFA festival terus dipertahankan di kejuaaran-kejuaraan selanjutnya.

"Kita cukup puas dengan raihan Chelsie. Dia masih muda, bisa terus berkembang. Tidak bisa dipungkiri Chelsie ini selama beberapa tahun ke depan masih bisa menjadi andalan catur Indonesia," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017