Samarinda (ANTARA Kaltim)  - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Kota Samarinda menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) mengenai produksi air minum yang diselenggarakan di Gedung Training Center di Jalan Cendana Samarinda.


"Untuk pertama kalinya Diklat  produksi air minum diselenggarakan di gedung Training Center  yang diikuti sebanyak 20 peserta dari  sejumlah PDAM  kabupaten dan kota se  Provinsi Kaltim dan Kaltara," kata Direktur Utama  PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda, Alimuddin ST di Samarinda, Selasa.


Ia mengatakan pelatihan  dilaksanakan dari tanggal  25 hingga 28 April 2017  terkait masalah-masalah  air baku, intake , instalasi bagaimana  mengolah  air dalam kondisi apapun  dan siap diolah menjadi standar   serta  layak  dikonsumsi oleh masyarakat.


Adapun   nara sumber   di antaranya Rama Budi , Budi Sucahya  dari   yayasan Tirta Darma  dan ketua  DPD    Persatuan Perusahaan  Air Minum  (Parpamsi)  Sutedi Raharjo   serta  beberapa  narasumber dari PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda yang  sudah memiliki sertifikasi.


Tujuan dari Diklat tersebut untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terutama mereka yang dibidang pengolahan air minum,” katanya.


Alimuddin berharap pusat pelatihan PDAM  Tirta Kencana terus dikembangkan kedepan akan dijadikan tempat pelatihan nasional, karena sejumlah persyaratan administrasi dan fasilitas penunjang lainnya akan dilengkapi, sehingga menjadi pusat pelatihan produksi untuk semua daerah.


PDAM tirta kencana memiliki peralatan pengolahan air yang lengkap dari jaman belanda hingga moder seperti sekarang ini mulai dari peralatan pertable, dari yang kecil hingga peralatan yang besar, jadi tinggal struktur organisasi lembaga pelatihan yang terus disempurnakan.


 "Pelatihan ini berlangsung dari 25-28 April 2017 di ikuti  sebanyak 6 kota/ kabupaten yakni kota Samarinda, Balikpapan, Kabupaten penajam Paser Utara, Bulungan, Kutim dan Berau," kata Alimuddin (*)

 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017