Penajam (ANTARA Kaltim) - Profesionalisme anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diharapkan lebih meningkat setelah perayaan hari jadi ke-67 Satpol PP, kata Pelaksana tugas Kasatpol PP Kabupaten Penajam Paser Utara, Budi Santoso.

"Saya harap setelah kegiatan HUT, profesionalisme anggota Satpol PP dapat lebih meningkat, lebih peka terhadap lingkungan serta bersikap humanis selama bertugas di lingkungan masyarakat," kata Budi Santoso ketika dihubungi di Penajam, Sabtu.

Selama perayaan hari jadi Satpol PP ke-67 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara 20-23 Maret 2017, seluruh anggota Satpol PP kabupaten/kota di Kaltim diuji secara fisik, mental dan semangat.

Momentum HUT Satpol PP tingkat Provinsi Kaltim tersebut lanjut Budi Santoso, anggota Satpol PP Kabupaten Penajam Paser Utara diharapkan lebih meningkatkan profesionalisme terhadap pekerjaan, peka terhadap lingkungan dan meningkatkan disiplin dalam bekerja.

Menurut ia, melalui HUT Satpol PP juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa anggota Satpol PP tidak hanya bertugas sebagai penegak peraturan daerah, namun bisa memberikan yang terbaik bagi lingkungan sekitar.

Budi Santoso yang juga sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut menjelaskan dalam rangkaian hari jadi Satpol PP, seluruh anggota diminta melakukan bakti sosial dan menunjukkan kreativitas dalam mengelola barang bekas.

"Pada kegiatan HUT Satpol PP itu, anggota Satpol PP se Kaltim memasang kanopi di setiap tempat peristirahatan yang berdiri di sepanjang Pantai Tanjung, serta membuat tempat pembuangan sampah sementara dengan memanfaatkan ban bekas dan kegiatan bakti sosial lainnya," jelasnya.

Kegiatan hari jadi Satpol PP tingkat Provinsi Kaltim juga diramaikan dengan pertandingan bola voli pantai dan catur, lomba kemampuan dan ketahanan fisik, senam kesegaran jasmani, serta sarasehan.

"Perayaan HUT Satpol PP itu, selain untuk mempererat silaturahmi antar anggota Satpol PP se Kaltim, juga untuk meningkatkan disiplin anggota Satpol PP," ujar Budi Santoso.

Ia menimpali lagi, "kegiatan juga untuk menjaga kekompakan antar anggota Satpol PP se Kaltim, dan melalui kegiatan kami juga menunjukkan Satpol PP memiliki kepudulian dan kepekaan terhadap situasi sosial yang terjadi,".

Peringatan dan perayaan hari ulang tahun Satpol PP tingkat Provinsi Kaltim itu ditutup secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak melalui upacara di lapangan Kantor Bupati Penajam Paser Utara.

Pada acara penutupan tersebut juga ada parade defile dari masing-masing perwakilan Satpol PP kabupaten/kota se Kalimantan Timur. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017