Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Paser, meniadakan Hari Kesatuan Gerak (HKG) 2017 tingkat kecamatan akibat keterbatasan anggaran.

"Tahun ini, tidak ada HKG tingkat kecamatan karena beberapa alasan salah satunya, akibat keterbatasan anggaran," kata Panitia HKG PKK Paser Rusmiati, pada puncak kegiatan HKG PKK tingkat Kabupaten Paser, di Pendopo Kabupaten, Kamis.

HKG tingkat kecamatan kata Rusmiati, dilakukan sebelum digelar HKG tingkat kabupaten.

Alasan lain tidak digelarnya HKG tingkat kecamatan lanjut Rusmiati yakni, adanya mutasi enam camat di daerah itu.

"Karena ada mutasi pada enam camat, sehingga tidak memungkinkan PKK di enam kecamatan itu melakukan persiapan," ucap Rusmiati.

"Selain itu juga, ada 71 Kepala Desa yang baru dilantik, membuat PKK kecamatan belum bisa berkoordinasi secara optimal," ujarnya.

Oleh karena itu tambah Rusmiati, PKK Kabupaten Paser menggelar HKG tingkat Kabupaten tanpa adanya HKG tingkat kecamatan sebelumnya.

"Dalam HKG ini, ada beberapa kegiatan seperti lomba pidato, penyuluhan tentang Bina Keluarga Lansia (BKL), penyuluhan tentang Bina Keluarga Balita (BKB), pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), paduan suara serta senam sehat," tutur Rusmiati.

Dalam lomba tersebut kata Rusmiati, PKK Kecamatan Kuaro keluar sebagai juara.

Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Paser Mutiarni Yusriansyah Syarkawi mengatakan, setelah digelar HKG PKK tingkat Kabupaten, pihaknya juga akan mengikuti HKG tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Rencana HKG tingkat provinsi akan digelar April 2017. Kami berharap PKK Paser bisa menampilkan sesuatu yang terbaik sebagai contoh keluarga mandiri dan sejahtera di Kaltim," kata Mutiarni.

HKG tingkat Kabupaten Paser itu digelar sejak 21 hingga 23 Maret 2017.

Sebanyak 700 peserta dari hadir dalam acara puncak tersebut.

Pada hari puncak HKG tersebut, juga hadiri Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi. (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017