Penajam (ANTARA Kaltim) - Kegiatan shalat Jumat perdana di Masjid Agung Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menghadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta H Nasaruddin Umar.

"Shalat Jumat perdana itu juga sekaligus peresmian dimulainya Masjid Agung sudah bisa digunakan. Ini merupakan kado ulang tahun ke-15 Kabupaten Penajam bagi masyarakat," ujar Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar ketika ditemui usai shalat Jumat.

Bupati mengatakan pembangunan Masjid Agung itu untuk membangun jiwa umat Islam yang merupakan kewajiban pemerintah kabupaten. "Sebelum membangun fisik, terlebih dahulu dibangun jiwanya yaitu mental spiritual," jelas Yusran.

Pada kesempatan itu, Yusran Aspar juga mengucapkan terima kasih kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang menyempatkan waktu datang ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam khutbahnya, Nasaruddin Umar menjelaskan fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, namun masjid memiliki multifungsi.

Pada zaman Rasullah SAW, lanjutnya, masjid digunakan tempat bersilaturahmi antarwarga, berkumpul melaksanakan shalat wajib berjamaah, membangun kerukunan beragama, serta untuk membangun peradaban.

"Masjid dibangun juga untuk berseni budaya, sosial, perekonomian, pertahanan negara, pendidikan, mengurus jenazah, perkawinan, dan lainnya." tambah Nasruddin Umar.

Shalat Jumat perdana di Masjid Agung itu juga dihadiri Forum Pimpinan Daerah setempat, antara lain Wakil Bupati Mustaqim MZ, Sekretaris Kabupaten Tohar, Ketua DPRD Nanang Ali, Dandim 0913 Letkol Czi Imam Subagiyo, Kapolres AKBP Teddy Rystiawan, serta pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerinta Kabuaten Penajam Paser Utara dan masyarakat setempat. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017