Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  TNI Angkatan Udara Lanud dan Pemerintah Kota Balikpapan melakukan aksi bersih-bersih pantai di kawasan Pantai Indah Angkasa Lanud Balikpapan.

Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut selain sebagai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017, juga untuk menyambut peringatan hari jadi Kota Balikpapan ke-120.

Kepala Dinas Operasi Lanub Balikpapan Letkol Lek Harry Markoney mengatakan kegiatan dilaksankan sebagai wujud nyata dan kepedulian untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih itu juga sekaligus mendukung program Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Balikpapan dalan menjaga kebersihan lingkungan.

"Aksi bersih-bersih itu sebagai bentuk dukungan program pemerintah kota dan provinsi menjaga kebersihan dan keindahan, khususnya di kawasan Pantai Indah Angkasa Lanud Balikpapan," jelas Harry Markoney.

"Kami juga mengimbau seluruh elemen masyarakat dan pengunjung pantai Indah Angkasa Lanud Balikpapan agar menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Aksi bersih-bersih pantai yang dimulai sejak pukul07.30 hingga 10.00 Wita itu diikuti seluruh personel Lanud Balikpapan, Koramil 03 dan Polsek Balikpapan Selatan, perwakilan pelajar dan masyarakat sekitar.

Dengan penuh semangat peserta aksi bersih-bersih bersama-sama membersihkan sampah yang ada di sekitar pantai, Kendati diguyur hujan.

Sampah yang terkumpul pada aksi bersih-bersih di Pantai Indah Angkasa Lanud Balikpapan tersebut didominasi sampah plastik, kemudian sampah yang terkumpul langsung diangkut pasukan kuning dengan menggunakan truk sampah.

Berkenaan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017, pemerintah pusat menginstruksikan daerah yang memiliki bentangan pantai untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai.

Pemeritah pusat juga mengimbau seluruh daerah untuk melakukan aksi bersih-bersih lingkungan di daerahnya masing-masing, kendati di daerah tidak memiliki bentangan pantai. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017