Penajam (ANTARA Kaltim) -  Perusahaan Daerah Air Bersih Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menargetkan pemasangan 1.000 sambungan rumah atau pelanggan baru untuk layanan air bersih.

Direktur PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara Taufik saat ditemui di Penajam, Senin, mengatakan pada 2017 instansinya berupaya meningkatkan luasan jangkauan pelayanan distribusi air bersih di sejumlah wilayah.

"Saat ini hanya ada sekitar 5.100 pelanggan, kami akan tingkatkan cakupan layanan PDAM dengan menambah 1.000 pelanggan baru," ujarnya.

Menurut ia, distribusi air bersih bagi PDAM itu merupakan bagian yang vital dan utama, sehingga harus lebih ditingkatkan.

PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara akan mengutamakan kepuasan pelanggan dengan membenahi pelayanan mulai dari air baku, produksi hingga pendistribusian air bersih kepada pelanggan.

"Kami akan lakukan pembenahan layanan dari hulu hingga ke hilir, terutama di wilayah Kecamatan Sepaku," kata Taufik.

Untuk wilayah Kecamatan Sepaku, saat ini sudah ada WTP (water treatment plant) atau instalasi pengelolaan air, namun kinerjanya perlu lebih dioptimalkan.

"Kami akan perlakukan Kecamatan Sepaku sama seperti tiga kecamatan lainnya, kami akan pelajari permasalahannya," tambah Taufik.

Selain pembenahan eksternal, PDAM Penajam Paser Utara juga melakukan pembenahan internal untuk meningkatkan pelayanan, dengan mengembangkan kompetensi pegawai melalui pendidikan dan pelatihan.

"Kami akan tingkatkan solidaritas terlebih dahulu. Semua program kerja itu dituangkan dalam perencanaan kerja perusahaan," jelas Taufik, yang pekan lalu dilantik sebagai dirut PDAM.

Untuk peningkatan kompetensi pegawai, PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara akan menggandeng PDAM Kota Medan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Taufik yang berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara, adalah Direktur PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara yang baru dilantik pada Kamis (26/1) menggantikan Misdianto, setelah mengikuti penilaian kompetensi jabatan pada lelang jabatan direktur PDAM setempat yang digelar pemerintah kabupaten.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017