Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Paser mencanangkan pembangunan 1001 saluran aliran air bersih ke rumah warga di daerah itu.

"Selama tiga tahun ke depan sejak 2017, Pemkab Paser kembali mencanangkan program 1001 sambungan aliran air bersih ke rumah-rumah warga," kata Wakil Bupati Paser, Mardikansyah di Tanah Grogot, Selasa.

Pada APBD Perubahan 2016, kata Mardikansyah, Pemkab Paser mendapatkan dana ganti hibah Rp3 miliar dari pemerintah pusat, karena dinilai telah berhasil melakukan program pemasangan sambungan aliran air.

"Tiga tahun kedepan, Pemkab Paser juga akan menyertakan modal Rp3 miliar ke PDAM untuk program sambungan aliran air bersih tersebut. Jika dinilai berhasil oleh pemerintah, maka dana hibah Pemkab Paser juga akan diganti," ujarnya.

Ia berharap, jika Raperda Penyertaan Modal pada PDAM disahkan, maka program pemasangan 1001 sambungan tersebut bisa dilanjutkan dan berjalan sukses.

"Pemkab Paser berkomitmen melakukan hal serupa di tiga tahun ke depan, yakni program hibah air dan semoga bisa berjalan lancar," tutur Mardikansyah.

Program tersebut, kata Mardikansyah, diprioritaskan bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Program penyambungan pipa air bersih ke rumah-rumah ini diprioritaskan untuk warga tidak mampu. Kami berharap, PDAM dapat mewujudkan itu dan tidak mengecewakan masyarakat," tutur Mardikansyah.

Pemerintah Kabupaten Paser, kata Mardikansyah, akan terus melanjutkan sambungan saluran air bersih, jika pada 2019 program tersebut dinilai kembali berhasil.      (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017