Tana Paser (ANTARA Kaltim) -S ejumlah elemen mahasiswa di Kabupaten Paser menggalang dana untuk korban gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie, Propinsi Aceh.

Elemen Mahasiswa yang menggalang dana tersebut diantaranya, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) cabang Paser.

Penggalangan dana yang dilakukan sejumlah elemen mahasiswa itu dilakukan di beberapa titik di Kota Tanah Grogot, seperti di Simpang Empat Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gajah Mada, Simpang Lima Plaza Kandilo, Arena Putri Petong, halaman Masjid Agung Nurul Falah dan Pasar Induk Senaken.

Ketua HMI Cabang Kabupaten Paser Al Aziz Abdillah mengatakan, aksi galang dana akan dilakukan hingga Kamis (15/12).

"Aksi yang kami beri nama Aksi Sosial Nyata untuk Peduli Gempa Aceh ini akan dilakukan hingga Kamis (15/12)," ujar Aziz di lokasi kegiatan penggalangan dana, Senin.

Aksi yang digelar HMI Paser itu kata Aziz, dimulai sejak Jumat (9/12) di Simpang Empat Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot.

"Sasaran aksi ini adalah pengguna jalan yang berhenti di lampu merah. Selama ini kami sering melakukan aksi yang serupa di tempat ini dan Alhamdulillah selalu mendapatkan respon positif dari masayarakat. Bulan lalu di tempat ini, kami juga mengumpulan dana untuk masyarakat Rohingya," kata Aziz.

HMI lanjut Aziz, juga mendirikan Posko Peduli Gempa Aceh di halaman Masjid Agung Nurul Falah.

"Kami memilih tempat itu karena tempatnya strategis, dekat dengan keramaian di pinggir sungai Kandilo," ucap Aziz.

Sementara itu, Koordinator Lapangan (Korlap) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Paser Aprianto Abdullah, memberi nama kegiatannya sebagai Aksi Galang Dana IMM Gerakan Humanitas.

"Penggalangan dana kami lakukan selama dua hari yakni Jumat (9/12) dan Sabtu. Dana yang terkumpul lebih Rp8,5 juta," kata Aprianto.

IMM Paser kata Aprianto, melakukan penggalangan dana di sejumlah tempat seperti Simpang Lima Kandilo dan sekitar arena Putri Petong.

Perwakilan dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (Kammi) Cabang Paser, Ismail Marjuki, mengatakan, penggalangan dana akan dilakukan hingga Minggu (18/12).

"Aksi penggalangan dana ini akan dilakukan hingga seminggu kedepan, saat dana telah terkumpul baru akan dikirim untuk saudara-saudara kita korban gempa di Aceh," kata Ismail Marjuki. (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016