Tanah Grogot (ANTARA Kaltim) - Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu ajang kompetisi bergengsi dalam bidang ilmu pengetahuan di tingkat SD, SMP, SMA, dan guru. Pelaksanaan OSN setiap tahunnya merupakan proses penemuan siswa-siswi terbaik yang akan mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat internasional.

Dengan penyelenggaraan OSN, diharapkan bidang studi sains yang dianggap rumit dapat menjadi lebih dikenal dan disenangi oleh para guru dan siswa.

D
alam menyongsongpelaksanaan OSN tahun 2017, sebagai salah satu bentuk implementasi program Corporate Social Responsibility, PT Kideco Jaya Agung bekerja sama dengan UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Batu Sopang dan Kuaro kembali menyelenggarakan pelatihan "Pembekalan Materi Olimpiade Sains Nasional" untuk siswa-siswi SD dan SMP se-kecamatan Batu Sopang dan Kuaro, Kabupaten Paser, Kaltim, pada tanggal 15-29 November 2016.

"Program ini dilaksanakan untuk memilih peserta yang tangguh dan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain yang telah berhasil," kata First Manager Kideco Jaya Agung Suriyanto.

Para pihak yang terlibat, baik Kideco, dan UPTD PSPD Dinas Pendidikan, pihak sekolah dan siswa-siswi peserta pembekalan OSN serius dan khidmat mengikuti seremonial pembukaan pelatihan. Dalam semua sesi sambutan, semua menegaskan kembali penting dan manfaat pelatihan ini.

Pembekalan OSN yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Merenda Buen Batu Sopang dan SDN 008 Kuaro difokuskan pada siswa/i SD dan SMP. Kgiatan yang digelar secara rutin ini merupakan strategi yang efektif untuk memetakan kemampuan siswa-siswi di Kecamatan Batu Sopang dan Kuaro untuk menemukan yang terbaik dan memiliki potensi guna dilatih hingga dapat maju mengikuti seleksi OSN dan lulus.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, Kideco mengundang sejumlah pemateri yang sudah berpengalaman melatih dan menjadi juri ajang OSN, yaitu Dr Musfira Cahya MSi, Eko Burhanudin MSi, Drs Teguh Yuniarko MSi, Ilham Falani MPd, dan Kenang Kelana MPd, serta Durrotul Yatimah MSi sebagai co-trainer.

Dalam p
elatihan, peserta secara intensif dilatih untuk siap dengan materi-materi OSN yang tidak hanya berfokus pada pengerjaan soal-soal olimpiade, namun peserta diperkenalkan terlebih dahulu dengan pengetahuan-pengetahuan dasar bidang studi masing-masing sebagai dasar yang lebih kokoh dalam memahami soal-soal OSN, dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding soal-soal pada umumnya.

Tidak heran jika pada kegiatan pelatihan ini terlihat banyak diskusi, presentasi, eksperimen, dan studi lapangan.Peserta diarahkan untuk menemukan sendiri pemahaman materi yang sedang dipelajari, sehingga peserta lebih aktif dan kritis dalam melihat sebuah fenomena.

Dengan menyelenggarakan pembekalan OSN, Kideco berharap akan muncul bibit-bibit unggul daerah dalam ajang yang cukup bergengsi ini. Berprestasi merupakan hak semua siswa yang mampu dan mau untuk meraihnya. Biarpun terletak di pelosok yang jauh dari akses dan fasilitas, bukanlah hal yang tidak mungkin jika diberi perlakuan dan latihan, siswa-siswi yang kurang diperhitungkan bisa mejadi kuda hitam yang dapat meraih prestasi yang membanggakan. (Adv/*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016