Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tim anggar Kalimantan Timur meraih satu medali emas dan dua perunggu pada kejurnas anggar kadet dan pra-kadet 2016 di Jakarta.

Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kaltim Muslimin ketika dihubungi dari Samarinda, Minggu, mengatakan medali emas Kaltim diraih oleh Anissa di kategori degen putri, sedangkan dua perunggu diraih oleh Gaby Novita dan Daus di kategori sabel putri dan degen putra.

"Sebenarnya Gaby yang kami andalkan meraih emas, namun dia harus menyerah di laga final, untungnya Anisa bisa konsisten tampil bagus dan bisa meraih emas," jelas Muslimin.

Ia mengatakan raihan tiga medali di ajang kejurnas tersebut menurut Muslimin memang bukan prestasi terbaik bagi tim Kaltim, namun Ia tetap mensyukuri mengingat persiapan atlet untuk kejurnas tahun ini memang cukup mepet.

"Praktis hanya beberapa hari kami melakukan persiapan, karena fokus utama kami sebenarnya di kejurnas PPLP, dan saat itu kami bisa meraih juara umum,"jelasnya.

Hal positif dari hasil kejurnas kadet dan pra-kadet ini, dikatakan Muslimin bahwa regenerasi anggar Kaltim tetap berjalan dengan baik, dan para atlet bisa mengasah kemampuan mereka di event tingkat nasional.

Ia menambahkan sejumlah atlet mulai terlihat bakat dan kemampuannya, dan tidak menutup kemungkinan mereka akan bisa menggantikan peran atlet senior di berbagai even, seperti halnya untuk PON XX 2020 di Papua.

"Kejurnas tahun ini sebenarnya untuk data base bagi PB IKASI dalam rangka menentukan atlet untuk PON Remaja ke II, sayangnya PON Remaja tersebut batal diselenggarakan, tapi bagi kami tidak menjadi soal, karena kami sudah punya gambaran atlet untuk even-even berikutnya,"tegasnya.

Pada kejurnas yang berlangsung 24-28 November 2016.tersebut, Kaltim mengirimkan 24 atlet, yang terpilih melalui hasil seleksi daerah di Samarinda, beberapa pekan lalu.

"Agenda kekuatan sudah selesai Minggu pagi, dan Senin (28/11) para atlet akan pulang ke Samarinda, "tegasnya. (*)       

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016