Tanah Grogot (ANTARA Kaltim) - Pejabat BUMN dari PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Hutama Karya berbagi pengalaman kepada para siswa di SMKN 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, dalam program BUMN Mengajar, Kamis.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program serupa yang telah dilaksanakan di tujuh sekolah di Kota Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Samarinda, sejak Agustus 2016.

SMKN 1 Tanah Grogot terpilih sebagai lokasi kegiatan BUMN Mengajar, karena merupakan SMK terbaik di Kaltim dan mendapatkan predikat sebagai sekolah Adiwiyata nasional.

Mewakili manajemen PT Pupuk Indonesia adalah Agus Subekti selaku Senior Vice President Sumber Daya Manusia bersama Senior Manager Pengembangan Bisnis Konstruksi PT Hutama Karya Tiopan Naibaho.

"Kami ingin menunjukkan kepedulian kepada masyarakat bahwa BUMN tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga memiliki tanggung jawab memperbaiki dan meningkatkan kondisi sosial masyarakat, serta turut berkontribusi menumbuhkan kecerdasan bangsa," kata Agus Subekti.

Pada kesempatan itu, kedua pejabat BUMN itu menularkan pengalamannya berkarier di perusahaan milik pemerintah, termasuk mengenalkan profesi-profesi yang terdapat di BUMN.

Selain itu juga diserahkan bantuan sarana sekolah berupa proyektor dan printer untuk menunjang kegiatan belajar mengajar para siswa.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini, seperti Dinas Pendidikan Kaltim, Dinas Pendidikan Kabupaten Paser dan juga kepada seluruh sekolah yang terlibat," kata Tiopan Naibaho.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser Safrudin mengatakan program BUMN Mengajar merupakan kegiatan positif yang dapat memberikan gambaran kepada para siswa mengenai kelanjutan masa depannya setelah lulus sekolah.

"Dengan mengetahui gambaran tentang BUMN dan profesi-profesi di dalamnya, mudah-mudahan para siswa-siswa memiliki motivasi dan pilihan profesi yang ingin dicapai kelak," katanya.

BUMN Mengajar merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kaltim, PT Pupuk Indonesia ditunjuk sebagai penanggung jawab, bersama PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya.

Sejumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan, antara lain program Siswa Mengenal Nusantara, bedah rumah veteran, elektrifikasi, pembuatan MCK, pembinaan mantan narapidana, pasar murah, pengadaan air bersih, dan pembangunan tempat penitipan anak. (*)

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016