Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Pertunjukan kostum unik dan kreatif dari Tenggarong Kutai Carnival akan memeriahkan pelaksanaan Festival Kota Raja 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara Sri Wahyuni, di Tenggarong, Jumat menyatakan, pertunjukan kostum unik dan kreatif dari Tenggarong Kutai Carnival tersebut akan berlangsung Sabtu (22/10) pukul 13. 00 WITA.

"Rute yang akan dilintasi peserta TKC pada `show time` yang akan berlangsung Sabtu, yakni dimulai dari panggung seni di lapangan basket Timbau menuju jalan raya melewati Jembatan Bongkok, dan berakhir di Planetarium Jagad Raya Tenggarong," kata Sri Wahyuni.

Tenggarong Kutai Carnival tahun ini kata Sri Wahyuni, menghadirkan tema yang sudah diseleksi berdasarkan pelaksanaan TKC tahun sebelumnya, dengan beberapa kostum sudah diperbaharui kembali.

Tema kostum yang akan ditampilkan lanjut ia adalah, tema tahun 2012 yakni Hudoq, Kipas dan Kirip dan tema 2013 yakni Belian, Seraong, dan Anggrek.

Ia mengtakan tema pada 2014, yakni tema Purun, Enggang, dan Mangrov, sedangkan 2015 menampilkan tema Pesut Mahakam, Buah Bolok, dan Sumpit.

"Akan ada 43 talent TKC yang akan membawakan kostum dengan tema-tema tersebut. Yang pasti, tetap menarik dan sayang untuk dilewatkan penampilannya," tutur Sri Wahyuni.

Penyelenggaraan TKC 2016, kata Sri Wahyuni, merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Kota Raja (FKR) V yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-234 Kota Tenggarong.      (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016