Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Kutai Kartanegara, siap menggelar "Mahakam International Dragon Boat Festival" (MIDBF) atau Festival Perahu Naga Internasional ke-3 yang rencananya dilaksanakan pada 21-26 Oktober 2016, di Kota Tenggarong.

"Persiapannya sudah 85 persen. Bagi para peserta dari luar negeri, kami menyiapkan transpor darat serta akomodasi dan konsumsi," ujar PPTK Mahakam International Dragon Boat Festival 2016 dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara, Kartika Sari, di Tenggarong, Sabtu.

Festival Perahu Naga Internasional kata Kartika Sari, tidak berbentuk kompetisi dan lokasi penyelenggaraannya akan menggunakan Sungai Mahakam di sekitar Pulau Kumala.

"Kegiatan ini bentuknya adalah festival, sehingga lebih condong memperkenalkan potensi wisata Kutai Kartanegara melalui olahraga. Pelaksanaannya seperti tahun lalu yakni di digelar di sekitar Pulau Kumala," jelas Kartika Sari.

Ia menyatakan, ada yang berbeda pada pelaksanaan MIDBF tahun ini yakni, setelah festival digelar, seluruh peserta baik dari dalam maupun luar negeri akan diajak berwisata.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan pariwisata yang ada di Kutai Kartanegara. MIDBF juga dilaksanakan bertepatan dengan gelaran Festival Kota Raja (FKR) IV dalam rangka peringatan HUT Kota Tenggarong ke-234," ucapnya.

"Mudah-mudahan, pelaksanaan di tahun ketiga ini berjalan dengan lancar, aman dan partisipasi masyarakat yang menonton pun lebih banyak," harap Kartika Sari.

Dikatakan, walaupun pada awal pendaftaran ada sembilan negara yang menyatakan akan mengirimkan timnya namun karena kegiatan tersebut bertepatan dengan sejumlah agenda pertandingan yang sama di beberapa provinsi dan di luar negeri, sehingga hanya tiga tim dari luar negeri yang memastikan ikut MIDBF tersebut.

"Rencananya, ada tiga negara yang mengikuti festival ini yakni, Brunei Darussalam, Australia dan Filipina yang mengirimkan dua tim. Nanti ada tim mewakili Indonesia kami minta kalau bisa dari Kutai Kartanegara tetapi kami masih berkoordinasi dengan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (Podsi) Pusat," jelasnya.

Ia menyebutkan, untuk kategori kelas yang dipertandingkan pada festival itu yakni, khusus 22 kru meliputi International Premier Mixed Open 1.000 meter, International Premier Open (Man) 1.000 meter, International Premier 500 meter, International (Premier Open Man) 500 meter dan International Challenge Trophy 500 meter.

Sementara untuk 12 kru tambahnya, ada kategori International Premier (Open Man) 500 meter, International Premier Woman 500 meter, dan International Premier Mixed Open 500 meter.

"Bagi para pemenang dalam festival ini panitia akan memberikan tropi, plakat, medali, piagam serta uang pembinaan," kata Kartika Sari.       (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016