Tana Paser (ANTARA kaltim) - Rumah Tahanan (rutan) Tanah Grogot Kabupaten Paser, membangun masjid baru secara swadaya dengan menghimpun dana dari masyarakat.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid  itu dilakukan pada Minggu, di area Rutan oleh Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol (Arm) Mulyadi dan disaksikan Kepala Rutan Husni Thamrin, Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan setempat.

Kepala Rutan Tanah Grogot Husni Thamrin mengatakan, untuk membangun masjid perlu dukungan masyarakat.

"Pembangunan masjid membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Semakin cepat bahan bangunan atau dananya terkumpul, semakin cepat pula proses pembangunannya," kata Husni

Peletakan batu pertama kata Husni, sengaja dipilih pada momen peringatan Dharma Karyadhika 2016 yang dilaksanakan hari ini.

"Untuk tenaga kerjanya, kami swadaya. Yang kami butuhkan adalah bahan bangunannya seperti pasir, semen, besi, keramik, batu bata, batu gunung dan lainnya. Kalau dinilai dengan uang, diperkiran Rp200 juta," ucapnya.

Masjid Rutan Tanah Grogot lanjut Husni, sejak dibangun sejak 1988 dan belum pernah dilakukan renovasi atau perbaikan ulang.

"Sejak dibangun pada 1988, masjid yang berada di lingkungan Rutan Tanah Grogot ini tak sentuh rehab ringan maupun berat," ujar Husni.

Oleh karena itu tmbah Husni, Rutan Tanah Grogot memberanikan diri untuk membangun masjid meski kondisi keuangan tidak memadai.

"Karena usulan rehab masjid ke pemerintah daerah sejak 2014 tidak pernah diakomodir, kami memberanikan diri merenovasi meski keuangan tidak memadai," terang Husni.

Masjid yang selama ini menjadi tempat ibadah penghuni rutan menurut Husni, sudah sangat berjasa dalam membina para tahanan di rutan itu.

"Masjid berkonstruksi kayu ini sudah sangat berjasa meningkatkan keimanan warga binaan kami. Untuk meningkatkan kenyamanan menjalankan ibadah, terutama di bulan Ramadhan mereka sering tadarus Al Quran dan salat Terawih bersama disini," kata Husni Thamrin.

Ia berharap, ada pihak yang turut berperan pada pembangunan masjid baru tersebut.

"Kami berharap ada donasi dan bantuan dari berbagai pihak dengan menyalurkan bantuan melalui rekening Masjid Nurul Iman 021401007246535 di BRI Cabang Tanah Grogot," harap Husni. (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016