Penajam (ANTARA Kaltim) -  Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, optimistis mampu menyelesaikan target pembukaan dan pembangunan jalan desa sepanjang 400 kilometer pada 2016.

"Kinerja Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum atau UPT PU di empat kecamatan tidak terpengaruh dengan kondisi keuangan saat ini, jadi kami optimistis pembukaan dan pembangunan jalan desa pada 2016 sepanjang 400 kilometer bisa tercapai," kata Kepala DPU Kimpraswil Penajam Paser Utara Alimuddin di Penajam, Selasa.

Ia sangat mengapresiasi inisiatif warga dan pemerintah desa yang membantu memenuhi persediaan bahan bakar minyak untuk operasional alat berat UPT PU di masing-masing kecamatan.

"Sebelum ada bantuan BBM dari warga dan pemerintah desa, alat berat UPT PU di tiga kecamatan sempat terhenti beroperasi," ungkapnya.

"Saya juga apresiasi pemerintah desa yang menyediakan meterial untuk pembukaan dan pembangunan jalan melalui alokasi dana desa," tambah Alimuddin.

Ia optimistis target pembukaan dan pembangunan jalan desa melalui UPT PU di setiap kecamatan pada tahun ini dapat mencapai 400 kilometer, kendati anggaran BBM dirasionalisasi akibat kondisi keuangan yang sedang mengalami defisit.

"Di Kecamatan sepaku masih ada 64 proposal yang belum dikerjakan karena terkendala pemotongan anggaran BBM untuk UPT PU oleh pemerintah daerah," kata Alimuddin.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berharap pemerintah desa dan masyarakat terus mendukung kegiatan pembukaan dan pembangunan jalan desa melalui UPT PU Kecamatan.

"Untuk mempercepat pembangunan di desa yang selama ini tertinggal, diharapkan pemerintah desa dan warga dapat terus mendukung UPT PU Kecamatan," ucap Alimuddin. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016