Melbourne (ANTARA Kaltim) -  Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun HS, mendukung penuh kerjasama Pemprov Kaltim dengan Universitas Victoria, Melbourne, Australia, sebagai bagian dari program peningkatan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia di Benua Etam.

"Arah kebijakan Pemprov Kaltim meningkatkan dan mengembangan kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu prioritas pembangunan, sudah benar.Karena itu saya selaku Ketua DPRD Kaltim sangat mendukung," kata Syahrun, usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, dengan Wakil Rektor dan Presiden Universitas Victoria, Prof Peter Dawkins, di Melbourne, Australia, Selasa (20/9) waktu setempat.

Bersama Gubernur dan rombongan, Syahrun melakukan kunjungan kerja ke Melbourne, Australia, 19–23 September.

Menurut Syahrun, pasca penandatanganan nota kesepahaman bersama, maka terbuka peluang kerjasama yang lebih erat lagi antara Pemprov Kaltim dengan  Universitas Victoria, baik  untuk belajar, mengajar, maupun penelitian kolaborasi, antara para mahasiswa S2 dan S3, para dosen, serta para peneliti asal Kaltim dengan pihak universitas yang berdiri tahun 1916 dan memiliki kampus di 11 lokasi di Melbourne dan sekitarnya tersebut.

Saat ini, menurut Syahrun, cukup banyak mahasiswa asal Kaltim yang menempuh kuliah S2 dan S3 di universitas yang sebelumnya bernama Footscray Technical School tersebut. Tahun 2017 para mahasiswa tersebut sebagian besar menyelesaikan studi mereka dan siap mengabdi kembali di Kaltim.

"Mereka umumnya dibiayai beasiswa Kaltim Cemerlang. Agar program ini lebih berhasil lagi, gubernur juga sepakat Beasiswa Kaltim Cemerlang akan dievaluasi, termasuk untuk mendukung mahasiswa asal Kaltim yang belajar di luar negeri," kata wakil rakyat yang dikenal ramah dengan siapa saja ini.

Ditambahkan Syahrun, kerjasama antara Pemprov Kaltim dan Univeritas Victoria akan fokus pada upaya mewujudkan Kaltim sebagai Provinsi Hijau dan pengembangan kewirausahaan.

Pada bagian lain, Syahrun memberikan ucapakan selamat kepada Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak yang mendapat gelar profesor tamu (visiting adjunct professor) dari Universitas Victoria.

"Selamat kepada gubernur, gelar tersebut juga merupakan penghargaan bagi Kaltim," kata Syahrun.(Humas DPRD Kaltim/adv)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016