Samarinda (ANTARA Kaltim) - Perusahaan tambang batu bara PT Kideco Jaya Agung membagikan sebanyak 121 ekor hewan kurban berupa sapi ke 108 titik lokasi yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

First Manager CSR PT Kideco Jaya Agung, Suriyanto, saat ditemui di sela penyerahan hewan kurban di Masjid As-Salam Desa Batu Kajang, Paser, Jumat (9/9), mengatakan jumlah hewan kurban yang dibagikan tahun ini sama dengan Idul Adha 2015.

"Meskipun kondisi perekonomian masih belum membaik, Kideco tetap memiliki tanggung jawab moral dan komitmen untuk memberikan kemudahan akses dan meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan Hari Raya Idul Adha," katanya.

Suriyanto menjelaskan pembagian hewan kurban dalam rangka pogram Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bidang keagamaan disalurkan kepada masyarakat yang berada di lingkar tambang maupun di luar lingkar tambang. 

Seperti pembagian hewan kurban tahun sebelumnya, Kideco Jaya Agung kembali melibatkan pemerintah desa, pengurus masjid/mushalla, pengasuh pondok pesantren, dan lembaga komunitas sosial lainnya.

"Selain untuk memberikan kemudahan dalam pendistribusian bantuan hewan kurban, keterlibatan mereka juga bertujuan agar bantuan tepat sasaran," tambah Suriyanto.

Ke-121 hewan kurban itu sudah mulai dikirim oleh tim Kideco sejak satu minggu sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, yakni pada 5 hingga 10 September 2016 ke masing-masing lokasi sasaran.

Hal ini dilakukan agar masyarakat ataupun panitia kurban bisa lebih leluasa dalam mengatur pendistribusian daging kurban kepada warga penerimanya.  
 
"Kami berharap dengan pembagian hewan kurban dari perusahaan kepada masyarakat melalui lembaga pemerintah, keagamaan dan sosial lainnya ini, kita dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan kurban tahun ini, yakni menjadi orang yang pandai bersyukur, sehingga dapat melatih diri untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan dan menghidupkan hati nurani dan kepedulian terhadap sesama," papar Suriyanto. 

Selain itu, Suriyanto atas nama perusahaan juga mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan ucapan terima kasih kepada semua mitra kerja yang selama ini telah memberikan dukungan, sehingga Kideco Jaya Agung masih tetap dapat menjalankan roda kegiatannya di tengah situasi pasar batu bara yang melemah.

"Semoga perayaan Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban berjalan dengan lancar, penuh hikmat dan bermakna," harapnya. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016