Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, mengajak masyarakat di daerah itu agar dapat mengimplementasikan nilai kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan.

"Perjuangan kita adalah mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan berbagai karya dan kerja terbaik dalam membangun bangsa, sehingga kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan," kata Awang Faroek Ishak, pada peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Rabu.

Momentum peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia kata Awang Faroek, hendaknya mampu memacu semangat seluruh bangsa Indonesia untuk meningkatkan rasa kecintaan dan persatuan bangsa.

Terlebih lagi lanjutnya, mampu memberikan karya atau hasil kerja yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat.

"Perjuangan para pahlawan harus diteruskan dan berlanjut serta tidak boleh terhenti, sehingga sudah menjadi kewajiban semua orang untuk melanjutkan perjuangan mereka," ujarnya.

Dahulu tambahnya, para pahlawan berjuang dengan senjata melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan dan sekarang perjuangan terus berlanjut untuk memerangi kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan.

Pemerintah Provinsi Kaltim lanjutnya, sudah membangun komitmen bagaimana percepatan pencapaian kesejahteraan rakyat tercapai.

"Utamanya, mewujudkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai pelaksanaan program pembangunan. Termasuk pembangunan sarana dan prasarana (fasilitas) bagi masyarakat dengan menetapkan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas pembangunan daerah," jelas Awang Faroek.

Gubernur mengungkapkan, prioritas pembangunan Pemprov Kaltim yakni, membangun sektor kesehatan dan pendidikan, infrastruktur baik jalan, jembatan dan pelabuhan serta bandara.

"Juga percepatan pencapaian kesejahteraan rakyat dengan melaksanakan pembangunan sektor pertanian dalam arti luas termasuk kebutuhan energi (listrik) dan air bersih," tuturnya.

"Selain bersyukur, juga sudah selayaknya memberikan penghormatan kepada para pejuang kemerdekaan dengan melaksanakan pembangunan secara ikhlas, kerja keras dan kerja cerdas," kata Awang Faroek.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi dipimpin Gubernur Awang Faroek Ishak sebagai inspektur upacara dan bertindak sebagai komandan upacara Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto.

Peserta upacara terdiri satuan dari pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri serta pelajar dan mahasiswa.

Pada peringatan HUT Kemerdekaan itu, juga dihadiri Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda H Syaharie Ja'ang dan Nusyirwan Ismail, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun dan anggota legislatif lainnya, Kapolda Kaltim Irjen Pol Syafaruddin dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Johny Lumban Tobing. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016