Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Telkomsel menggelar sosialisasi dan edukasi pemanfaatan internet secara "BAIK", yakni Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif, bagi para pelajar, guru, kepala sekolah, dan orang tua di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kegiatan pelatihan internet yang berlangsung 9-12 Agustus 2016 itu dibuka Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara H Marli di Tenggarong, Selasa.

"Kami berterima kasih karena Kota Tenggarong menjadi salah satu yang dipilih untuk kegiatan ini. Saya yakin kegiatan ini akan membawa dampak pengetahuan yang sangat luar biasa bagi seluruh peserta, baik pelajar, guru, kepala sekolah, dan orang tua," kata Marli.

Kegiatan hari pertama sosialisasi dan edukasi diisi dengan seminar mengenai literasi digital, isu seputar orang tua dan kebijakan publik yang dihadiri ratusan peserta.

Pada hari kedua dan ketiga diadakan kelas pelatihan untuk pelatih dengan format yang memenuhi standar "micro-teaching", dikhususkan untuk membekali dan menyiapkan duta internet BAIK dalam menjalankan proyek kolaborasi di masing-masing kota dengan memanfaatkan aplikasi mobile yang ada.

"Kelas ini akan diikuti para relawan atau duta internet BAIK dari segmen orang tua, remaja, guru, komunitas sosial dan blogger, serta karyawan Telkomsel peserta Employee Volunteering Program," jelas General Manager ICT Operation Telkomsel Area Kalimantan, Hersetyo Pramono.

Selanjutnya pada hari keempat atau terakhir diselenggarakan kelas edukasi yang pesertanya para siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 4-6 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7-9.

"Sebagai operator seluler, kami bertanggung jawab untuk mengedukasi dan memberikan teladan bagi masyarakat Indonesia perihal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua," jelas Hersetyo.

Melalui program internet BAIK, pihaknya mendorong anak-anak, orang tua dan guru untuk mampu memanfaatkan internet secara produktif, tidak sebatas sebagai pengguna namun juga untuk berkreasi menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Penggunaan internet secara BAIK dipercaya akan meningkatkan produktivitas dan memberikan dampak positif bagi perkembangan bangsa," tambahnya.

Kepala Sekolah SMPN 3 Tenggarong Seberang Yudi Mardani mengatakan sebagai kepala sekolah dan juga orang tua, kegiatan edukasi seperti ini sangat penting untuk memberikan pemahaman mengenai pemanfaatan internet secara baik dan benar.

"Kami jadi tahu bagaimana cara menghindari hal-hal negatif yang ada di internet, risiko yang harus diwaspadai pada anak dalam berinternet dan juga konten buruk pada game," ujarnya. (*)

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016