Penajam (ANTARA Kaltim) -  Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memberangkatkan 99 orang calon haji melalui embarkasi Balikpapan pada pelaksanaan ibadah haji 2016.

Kepala Seksi Urais dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara Muzakir saat ditemui di Penajam, Jumat, mengatakan untuk tahun 2016 diberangkatkan 99 calon haji ditambah dua petugas pendamping.

Calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang tergabung dalam kloter empat bersama calon haji dari Kota Bontang dan Kabupaten Paser akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Batakan, Balikpapan, pada hari Sabtu (13/8).

Setelah beristirahat satu malam, calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara akan diterbangkan ke tanah suci Makkah keesokan harinya atau Minggu (14/8) sekitar pukul 08.15 WITA.

Seluruh calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara sudah mengikuti pembekalan hingga menjelang waktu keberangkatan dan juga telah menyelesaikan pembuatan paspor, visa serta persyaratan administrasi lainnya.

Calon haji yang diberangkatkan tersebut menurut Muzakir sudah melunasi BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji) tahap pertama dam kedua dan dokumen calon haji telah rampung 100 persen.

Calon haji juga telah mendapatkan bimbingan manasik haji dan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Dinas Kesehatan, kondisi kesehatan calon haji cukup bagus.

"Para calon haji itu telah divaksin meningitis serta telah mendapatkan dokumen kesehatan dan hingga saat ini tidak ada laporan dari Dinas Kesehatan bahwa mereka ada yang sakit," jelas Muzakir.

Untuk menjaga kesehatan para calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara saat menjalankan rangkaian ibadah haji di Makkah, tim dokter maupun paramedis yang bertugas di setiap kloter terus memantau kesehatan mereka.

Ke-99 calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang diberangkatkan pada tahun ini (2016) tersebut adalah yang terdaftar pada periode 1 Januari sampai 24 Mei 2009.

"Calon haji itu masuk daftar tunggu sekitar delapan tahun dan ada dua calon haji lanjut usia (lansia) yakni berusia 84 tahun yang diberangkatkan," tambahnya.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016