Penajam (ANTARA Kaltim) - Renaldi, seorang remaja dari Kelurahan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terpilih sebagai anggota paduan suara untuk upacara peringatan HUT ke-71 RI di Istana Negara, Jakarta, pada 17 Agustus 2016.

"Renaldi lolos seleksi dan menembus tingkat nasional untuk jenis suara tenor," kata Kasi Pelestarian Budaya Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Komunikasi Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara Yuli Setiawati ketika dihubungi di Penajam, Kamis.

Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara mengirimkan empat orang wakil untuk mengikuti seleksi anggota tim paduan suara di tingkat provinsi.

Renaldi berhasil menyingkirkan peserta dari kabupaten/kota lain pada seleksi di tingkat provinsi yang digelar 26 Juli 2016 dan merebut satu tempat untuk mewakili Kaltim ke Istana Negara.

Pada peringatan HUT RI tahun ini, Provinsi Kalimantan Timur hanya mendapatkan kuota empat orang untuk mengirimkan perwakilan menjadi anggota paduan suara di Istana Negara.

"Sejak 1 Agustus 2016, Renaldi bersama perwakilan dari Kabupaten Berau, Kutai Timur dan Kota Samarinda sudah menjalani karantina di Jakarta untuk persiapan," jelasnya.

Menurut Yuli, setelah lima tahun sejak 2011 mengirim perwakilan mengikuti seleksi untuk paduan suara tersebut, akhirnya pada 2016 ini Kabupaten Penajam Paser Utara berhasil meloloskan satu orang wakilnya untuk menjadi anggota paduan suara di Istana Negara.

"Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berharap keberhasilan Renaldi bisa menjadi motivasi bagi generasi muda lainnya yang ingin berprestasi di bidang tarik suara," ujarnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016