Samarinda (ANTARA Kaltim) - Univeritas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur, menerima sebanyak 1.601 orang mahasiswa baru pada tahun akademik 2016 melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

Kepala Sub Bagian Humas Universitas Mulawarman Muhammad Ihwan di Samarinda, Selasa, menjelaskan kuota sebanyak itu diperebutkan 10.489 calon mahasiswa yang menjadi peserta SBMPTN dan ujiannya dimulai hari ini.

"Peserta SBMPTN yang terdaftar di Panitia Lokal 77 Samarinda pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding 2015 yang berjumlah 9.588 orang," kata Ihwan, seperti dikutip dari laman resmi Unmul.

Ia menambahkan ujian SBMPTN yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia itu, diawali Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, dilanjutkan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).

Kemudian pada pukul 14.15 Wita dilanjutkan dengan TKD bagi calon mahasiswa baru yang memilih program studi pada kelompok Sosial Humaniora.

Sedangkan peserta yang memilih program studi Penjaskesrek dan Etnomusikologi masih harus melalui ujian keterampilan yang dilaksanakan pada 1 dan 2 Juni 2016.

"Pengumuman hasil seleksi bisa diakses pada 28 Juni 2016 melalui laman sbmptn.ac.id," jelasnya.

Setelah SNMPTN dan SBMPTN, Unmul Samarinda akan membuka penerimaan mahasiswa baru tahap ketiga atau terakhir melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) yang pendaftarannya dimulai 29 Juni hingga 15 Juli 2016.

Pada jalur terakhir ini, Unmul menyediakan kuota sebanyak 1.798 kursi dari keseluruhan daya tampung mahasiswa baru tahun 2016 sejumlah 5.509 kursi untuk 53 program studi. (*)

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016