Balikpapan (ANTARA News - Kaltim) - Puluhan penerbit mengikuti "Istiqamah Islamic Book Fair 1431 H"  di aula Masjid Istiqamah, Jalan Sport No 1 Balikpapan dengan menawarkan diskon besar-besaran dalam Pameran Buku Agama Islam itu.
   
"Pameran buku ini berlangsung dari 30 Juli hingga 8 Agustus 2010. Ada lima belas penerbit, termasuk juga toko buku. Mereka memajang ratusan judul buku dan memberi diskon harga buku hingga 40 persen," kata Mulyanto, koordinator pameran dari Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Istiqamah di Balikpapan Rabu.
    
Beragam buku dipamerkan dan dijual dengan potongan harga mulai dari 30 persen hingga 40 persen.
    
Buku baru dari Andrea Hirata, Padang Bulan, misalnya, hanya dibanderol Rp72.000 per buku, padahal di berbagai toko buku di luar pameran, buku karya pengarang buku laris Laskar Pelangi itu berharga Rp90.000 sampai Rp100.000 per buku. 
    
"Meski bertajuk Islamic Book Fair atau pameran buku-buku Islami, banyak pula buku-buku bertema lain yang dipamerkan dan dijual seperti buku Andrea tersebut," imbuh dia.
   
Puluhan penerbit buku Islam yang ikut di antaranya Pustaka Al Kautsar (Jakarta), Fatahillah (Surabaya), Pustaka Darul Ilmi (Bogor), Qudsi Media, Diva Press, Penerbit Embun (Jogjakarta), Pustaka Yasmin, Aqwam, (Solo),  Gian Mandiri, Anak Cerdas Ceria dan Pustaka Al Mughni (Jakarta).
    
Dua toko buku yang juga jadi peserta adalah Toko Buku Islamic Dakwah Center (IDC Bookstore) dan TB Zulfa.
   
Selain pameran buku, panitia juga menyelenggarakan berbagai lomba. Khusus anak-anak ada lomba mewarnai tingkat SD/TK, ada mendongeng oleh Ustaz Wawan Sembodo, bedah buku Manajemen Perang Khondaq karya Ustaz drg Syukri Wahid.
    
"Ada juga lomba menulis cerpen Bahasa Inggris untuk siswa SMP, SMA, dan Umum, serta lomba menulis puisi untuk anak SD," terang Mulyanto.
   
Pameran buku itu untuk menyambut bulan Ramadan. Pameran dibuka Wakil Wali Kota Balikpapan H Rizal Effendi selepas Salat Jumat.
   
"Kegiatan ini sangat positif. Mari kita tumbuhkan terus budaya membaca. Saya minta tolong kepada para orang tua dan alim ulama untuk menghidupkan kebiasaan yang sangat baik ini," kata Rizal menanggapi acara itu.

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2010