Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mendapat tambahan satu Tim Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan sehingga total ada empat tim yang diterjunkan di provinsi itu.

"Secara keseluruhan Tim Nusantara Sehat di Kaltim kini berjumlah empat tim yang berada di wilayah perbatasan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Rini Retno Sukesi kepada wartawan di Samarinda, Kamis.

Rini menjelaskan, tiga Tim Nusantara Sehat yang datang pertama telah ditempatkan di Puskesmas Long Pahangai dan Long Apari di Kabupaten Mahakam Ulu dan Pulau Maratua di Kabupaten Berau.

Sebenarnya, kata Rini, Kaltim mendapat tambahan dua tim yang dialokasikan untuk Puskesmas di Pulau Derawan dan Puskesmas di Desa Kelay, Kabupaten Berau.

Namun, karena tempat tinggal untuk anggota tim belum tersedia dan persyaratan lain juga belum dilengkapi maka Kaltim hanya mendapatkan tambahan satu tim yang akan ditempatkan di Pulau Derawan.

"Walaupun hanya mendapat tambahan satu tim, kami tidak kecewa. Justru kami bersyukur karena penambahan tim ini akan menambah pelayananan kesehatan masyarakat di Pulau Derawan, seperti penempatan tiga tim sebelumnya," kata Rini.

Keberadaan Tim Nusantara Sehat yang ditempatkan di Puskesmas Kecamatan Pahangai, Long Apari, serta Pulau Maratua menurut Rini telah memberikan kontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat di perbatasan dan pulau terluar di Kaltim.

Tim Nusantara Sehat yang ditempatkan di Puskesmas Long Pahangai, Long Apari, dan Pulau Maratua hingga saat ini telah memberikan pelayanan sesuai tugas dan fungsinya dengan baik, khususnya dalam menyosialisasikan pentingnya melaksanakan pola hidup sehat kepada masyarakat perbatasan.

Tim Nusantara Sehat dengan berbagai program kesehatan yang telah dilaksanakan di daerah, kata Rini, telah membantu pemerintah provinsi dan kabupaten dalam peningkatan pelayanan kesehatan secara preventif, promotif, dan kuratif.

"Tim Nusantara Sehat telah memberikan pelayanan kesehatan primer di titik-titik terdepan di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan," katanya.

Program Nusantara Sehat merupakan program penempatan tenaga kesehatan berbasis tim yang melibatkan lima sampai sembilan tenaga kesehatan mulai dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian yang akan ditempatkan di pelosok nusantara.

Menurut Rini, program Kementerian Kesehatan ini merupakan aplikasi dari Nawacita Presiden Joko Widodo terutama dalam membangun Indonesia dari pinggiran. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016